Murid SD Negeri 163 Pekanbaru Pakai Masker Belajar di Kelas Akibat Kabut Asap

Murid SD Negeri 163 Pekanbaru Pakai Masker Belajar di Kelas Akibat Kabut Asap

4 Oktober 2023
Hasni, Guru Kelas VI SD Negeri 163 Pekanbaru, Kelurahan Sidomulyo Barat, Kecamatan Tuah Madani. Foto: Istimewa.

Hasni, Guru Kelas VI SD Negeri 163 Pekanbaru, Kelurahan Sidomulyo Barat, Kecamatan Tuah Madani. Foto: Istimewa.

RIAU1.COM -SD Negeri 163 Pekanbaru telah menyampaikan imbauan penggunaan masker kepada peserta didik sejak 2 Oktober 2023. Peserta didik dianjurkan mengenakan masker selama proses belajar mengajar. 

"Hari ini, belum semua peserta didik yang mengenakan masker. Karena saat hari Senin itu, tidak semua hadir. Makanya, mereka belum tahu," kata Hasni, Guru Kelas VI SD Negeri 163 Pekanbaru, Kelurahan Sidomulyo Barat, Kecamatan Tuah Madani, Selasa (3/10/2023).

Pada 2 Oktober itu, Dinas Pendidikan (Disdik) Pekanbaru juga telah menerbitkan surat edaran. Dalam surat edaran Disdik itu tidak ada soal pengurangan jam belajar. Hanya saja, aktivitas dikurangi di luar ruangan. 

Makanya, jam belajar olahraga yang biasanya di lapangan dipindahkan ke dalam ruangan. Surat edaran Disdik ini sudah dibagikan ke masing-masing grup kelas dengan orang tua peserta didik. 

"Dalam grup itu, orang tua diminta menyediakan masker bagi anak-anak di sekolah hingga kualitas udara membaik," sebut Hasni. 

Sementara itu, Disdik Pekanbaru menerbitkan surat edaran terkait kondisi kabut asap. Dalam surat edaran itu, peserta didik dan tenaga pendidik diwajibkan mengenakan masker saat di sekolah. 

"Saya sudah sampaikan surat edaran ini ke seluruh sekolah. Surat edaran ini diterbitkan setelah saya berkoordinasi dengan Dinkes dan DLHK," kata Kepala Disdik Pekanbaru Abdul Jamal, Selasa (3/10/2023). 

Hasil koordinasi dengan dua dinas itu, maka dibuatlah dua poin di surat edaran pada 2 Oktober. Poin pertama, proses belajar mengajar di satuan pendidikan dilaksanakan dalam ruangan dengan mengurangi aktivitas di luar kelas. Kedua, setiap peserta didik dan tenaga pendidik diwajibkan menggunakan masker. 

"Saya mencermati perkembangan kualitas udara yang cukup buruk dalam dua hari terkahir. Saya mengimbau aktivitas belajar di luar ruangan agar dikurangi, seperti kegiatan olahraga," ucap Jamal.