Presiden Jokowi Buka-bukaan Soal Penunjukan Prabowo Subianto Sebagai Menteri Pertahanan

Presiden Jokowi Buka-bukaan Soal Penunjukan Prabowo Subianto Sebagai Menteri Pertahanan

24 Oktober 2019
Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi.

RIAU1.COM - Banyak yang terkejut kenapa Presiden Jokowi menunjuk Prabowo Subianto sebagai Menteri Pertahanan. 

Keputusan Presiden Joko Widodo menunjuk Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya Prabowo Subianto menjadi Menteri Pertahanan masih menuai pro dan kontra.

 

Salah satu alasannya adalah Prabowo merupakan rival Jokowi dalam Pilpres 2019 dan 2014.

Ditemui di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (24/10/2019), Jokowi membeberkan alasan di balik penunjukkan Prabowo.

"Ya memang pengalaman beliau kok, pengalaman besar beliau ada di situ," ujar kepala negara, seperti dilansir CNBCIndonesia. 


Seperti diketahui, Prabowo merupakan alumni Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia. Pangkat terakhir Prabowo adalah letnan jenderal. Sejumlah jabatan strategis pernah diemban antara lain Danjen Kopassus dan Pangkostrad.


Prabowo pun telah mengajukan konsep perihal pertahanan negara kepada Jokowi. Kendati demikian, dalam keterangan pers seusai sertijab di Kementerian Pertahanan, Kamis (24/10/2019), dia mengaku  saat ini tidak dapat menjelaskan secara perinci terkait konsep tersebut.

Kemarin, Jokowi mengenalkan dan melantik menteri dan pejabat setingkat menteri 2019-2024 di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta. Dalam sesi perkenalan, Prabowo diperkenalkan setelah empat menteri koordinator.

 

"Kemudian Menteri Pertahanan Bapak Prabowo Subianto," kata Jokowi.

"Selamat pagi, Pak. Saya kira tugas beliau saya tidak usah menyampaikan. Beliau lebih tahu dari pada saya," sebut Jokowi.

R1 Hee.