Miliki Pengalaman 30 Tahun di Medan Perang, SBY beri Pesan Ini ke Rezim Jokowi

Miliki Pengalaman 30 Tahun di Medan Perang, SBY beri Pesan Ini ke Rezim Jokowi

9 April 2020
Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) (Foto: Istimewa/internet)

Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) (Foto: Istimewa/internet)

RIAU1.COM - Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memberikan masukan kepada Joko Widodo selaku presiden RI saat ini agar dapat mencegah terjadinya masalah baru terutama bidang sosial ataupun politik yang dapat mengganggu upaya menyelamatkan rakyat dari wabah virus corona (Covid-19).

Masukan itu disampaikannya melalui akun media sosial Facebook, Kamis, 9 April 2020 yang diberinya judul Indonesia Harus Bersatu dan Fokus pada Penghentian Penyebaran Virus Korona.

" Sekarang, ijinkan saya menyampaikan pandangan dan saran kepada pemerintah dan mengingatkan dalam keadaan darurat dan krisis seperti sekarang ini. Sebaiknya pemerintah bisa mencegah terjadinya masalah baru," harapnya.

" Misalnya, di media sosial, ada kata-kata yang melampaui batas. Menghadapi masalah ini, alangkah baiknya kalau yang diutamakan adalah tindakan yang persuasif terlebih dahulu. Tindakan pencegahan terlebih dahulu. Pendekatan dan penyelesaian yang nonyudisial dulu. Kalau sudah tidak mempan, memang benar-benar keterlaluan dan tidak ada cara lain, barulah pendekatan hukum yang dilakukan," tambah pendiri Partai Demokrat ini.

Pesannya ini tak hanya disampaikannya kepada Jokowi, dia mengharapkan juga pada pejabat pemerintahan agar tidak mengeluarkan pernyataan yang menimbulkan perlawanan baru dari rakyat.

Serta mau menerima pandangan dan saran dari pihak di luar pemerintahan baik yang kritis maupun pro kepada pemerintah pendukung Jokowi.

" Sebagai musuh negara. Menurut saya, pandangan dari pihak di luar pemerintah itu tetap ada gunanya jika pemerintah sudi untuk mendengarkannya," tutupnya.