Selasa, 19 Januari 2021

POLITIK

884 Ribu Lebih Pemilih Pilkada 2020 Belum Rekam E-KTP

news24xx


Ilustrasi perekaman e-KTP (Foto: Istimewa/internet) Ilustrasi perekaman e-KTP (Foto: Istimewa/internet)

RIAU1.COM - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menyebutkan sebanyak 884.904 pemilih Pilkada 2020 belum melakukan perekaman e-KTP.

Menurutnya, jumlah itu setara dengan 0,88 persen dari total Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada dikutip dari beritasatu.com, Jumat, 27 November 2020.

"Hingga tanggal 25 November 2020 dari data pemilih tetap yang 100,3 juta, sudah merekam sebanyak 99,12 persen dan yang belum adalah 0,88 persen," terangnya.

Menurutnya, salah satu penyebab masnyarakat enggan melakukan perekaman e-KTP adalah minimnya sosialisasi tentang pentingnya dokumen kependudukan.

Baca Juga: Politisi PDIP Ribka Tjiptaning Digeser ke Komisi VII DPR



www.jualbuy.com

Padahal, dengan e-KTP legitimasi calon kepala daerah tetap terjamin dan masyarakat yang ingin memilih tidak terhambat oleh persyaratan.

Baca Juga: Sebut Seperti Capung Nemplok, Andi Arief Sesalkan Kunjungan Singkat Jokowi ke Kalsel

Dengan kondisi seperti ini, Tito meminta seluruh pihak yang terlibat agar mendorong masyarakat agar mau melakukan perekaman e-KTP.

Untuk diketahui, dokumen sah sebagai syarat pelaksanaan pencoblosan Pilkada 9 Desember nanti adalah e-KTP dan Surat Keterangan telah melakukan perekaman e-KTP.





loading...
Loading...