Partai-partai Besar 'Tumbang' di Pilkada Serentak 9 Kabupaten/Kota se-Riau, Ini Rinciannya

Partai-partai Besar 'Tumbang' di Pilkada Serentak 9 Kabupaten/Kota se-Riau, Ini Rinciannya

10 Desember 2020
Ilustrasi

Ilustrasi

riau1.com/">RIAU1.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) masih merampungkan rekapitulasi perolehan suara secara berjenjang pada Pilkada Serentak 2020, termasuk di 9 kakbupaten/kota se-Riau yang berlangsung hingga 17 Desember mendatang.

Sementara itu hasil di lapangan sejumlah calon dan partai mulai mengklaim kemenangan di 9 kabupaten/kota di Riau, dan beberapa juga sudah mengakui 'mengakui' kekalahan dan mengucapkan selamat kepada peraih suara terbanyak.

Berdasarkan data yang rekap sementara di situs KPU, perubahan raihan suara terus disempurnakan. Pantau Riau1.com perolehan suara setiap calon di 9 kabupaten/kota Kamis 10 Desember 2020, terjadi ssalip menyalip.

Tidak hanya calon, partai-partai besar yang mengusung calon juga terlihat banyak yang tumbang dan beberapa partai yang 'tak diunggulkan' justru naik daun,  seperti Nasdem, dan PKB.

Riau1.com menghimpun partai-partai besar yang naik dan tumbang berdasarkan hasil perolehan suara sementara di situs KPU, berikut rinciannya:

1. Partai Golkar, hanya menang di 2 daerah, Kabupaten Inhu pasangan Rezita Melyani Yopie-Junaidi Rachmat, dan di Kabupaten Kuansing pasangan Andi Putra-Suhardiman Amby.

2. Partai PDIP, hanya menang di 3 daerah, Kabupaten Pelalawan pasangan Zukri-Nasarudin, di Kabupaten Rohul pasangan Sukiman-Indra Gunawan, dan di Kabupaten Kepulauan Meranti pasangan M Adil-Asmar.

3. Partai Demokrat, hanya menang di 2 daerah, Kabupaten Rohul pasangan Sukiman-Indra Gunawan, dan di Kabupaten Bengkalis pasangan Kasmarni-Bagus Santosa.

4. Partai PAN, hanya menang di 2 daerah, Kabupaten Bengkalis pasangan Kasmarni-Bagus Santoso dan di Kabupaten Siak pasangan Alfedri-Husni Merza.

5. Partai Gerindra, hanya menang di 2 daerah, Kabupaten Bengkalis pasangan Kasmarni-Bagus Santoso dan di Kabupaten Rohul pasangan Sukiman-Indra Gunawan.

6. Partai PPP, hanya menang di 3 daerah, Kabupaten Pelalawan pasangan Zukri-Nasarudin, di Kabupaten Siak pasangan Alfedri-Husni Merza dan di Kota Dumai pasangan Paisal-Amris.

7. Partai Nasdem, menang di 5 daerah, Kabupaten Inhu pasangan Rezita Melyani Yopie-Junaidi Rachmat, di Kabupaten Bengkalis pasangan Kasmarni-Bagus Santoso, di Kabupaten Rohil pasangan Afrizal-Sulaiman, di Kabupaten Siak pasangan Alfedri-Husni Merza dan di Kota Dumai pasangan Paisal-Amris.

8. Partai PKS, hanya menang di satu daerah, di Kabupaten Kuansing pasangan Andi Putra-Suhardiman Amby.

9. Partai Hanura, menang di 3 daerah, Kabupaten Kuansing pasangan Andi Putra-Suhardiman Amby, di Kabupaten Rohul pasangan Sukiman-Indra Gunawan dan di Kabupaten Siak pasangan Alfedri-Husni Merza.

10. PKB, menang di 5 daerah, Kabupaten Pelalawan pasangan Zukri-Nasarudin, di Kabupaten Rohul pasangan Sukiman-Indra Gunawan, di Kabupaten Rohil pasangan Afrizal-Sulaiman, di Kabupaten Siak pasangan Alfedri-Husni Merza dan di Kabupaten Kepulauan Meranti pasangan M Adil-Asmar.

11. PBB, hanya menang satu daerah, di Kabupaten Bengkalis pasangan Kasmarni-Bagus Santoso.

12. Partai Gelora, hanya menang di 2 daerah, Kabupaten Siak pasangan Alfedri-Husni Merza dan di Kabupaten Rohul pasangan Sukiman-Indra Gunawan.