Penduduk Pekanbaru 1,1 Juta Jiwa, Caleg Saling Berebut 50 Kursi di DPRD

Penduduk Pekanbaru 1,1 Juta Jiwa, Caleg Saling Berebut 50 Kursi di DPRD

10 Desember 2022
Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun. Foto: Istimewa.

Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun. Foto: Istimewa.

RIAU1.COM -Penduduk Kota Pekanbaru telah mencapai 1,1 juta jiwa pada tahun ini. Akibatnya, para calon legislatif (caleg) akan memperebutkan 50 kursi di DPRD Pekanbaru.

"Dalam Pemilu 2024, kita diharapkan pemerintah pusat untuk sukses melaksanakannya. Karena, durasi waktunya masih cukup lama. Sehingga, persiapan bisa jauh lebih baik," kata Penjabat (Pj) Wali Kota Muflihun saat membuka kegiatan Uji Publik Rancangan Penataan Daerah Pemilihan (Dapil) Anggota DPRD di ruang pertemuan Hotel Royal Asnof, Sabtu (10/12/2022).

Saat ini, penduduk Pekanbaru sekitar 1,1 juta jiwa. Pada Pemilu 2019, jumlah penduduk hanya sekitar 800 ribu jiwa. 

"Dengan jumlah penduduk yang semakin bertambah, maka ada potensi penambahan anggota legislatif dari 45 orang menjadi 50 orang. Makanya, kita harus bisa dalam menentukan daerah pemilihan," ujar Muflihun. 

Anggota DPRD harus bisa mewakili masing-masing kecamatan. Penentuan Dapil harus dipertimbangkan dengan waktu tempuh dan jumlah penduduk di suatu kecamatan. 

"Saya harap dalam uji publik ini bisa keluar keputusan yang berpihak pada masyarakat banyak. Kita semua ingin Pemilu dan Pilkada 2024 lebih baik dari sebelumnya," ucap Muflihun.