Awas, BMKG Sebut Gelombang Tinggi Akan Terjadi Di Perairan Riau Hari Ini

Awas, BMKG Sebut Gelombang Tinggi Akan Terjadi Di Perairan Riau Hari Ini

28 Januari 2019
Ilustrasi

Ilustrasi

RIAU1.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Pekanbaru memperingatkan kepada masyarakat Riau agar waspada. Selain cuaca ekstrem, potensi tinggi gelombang juga diprakirakan akan terjadi di perairan Provinsi Riau.

Sementara itu, untuk prakiraan cuaca, hari ini diprakirakan cuaca cerah berawan. Meski demikian, potensi hujan tidak merata masih akan terjadi di sebagian wilayah di Riau hari ini.

Untuk pagi ini, cuaca diprakirakan cerah berawan. Namun, udara kabur terjadi di wilayah Kota Dumai, Pekanbaru, Kabupaten Pelalawan, Kampar, Siak dan Inhu.



Demikian juga pada siang hari, cuaca diprakirakan cerah berawan. Potensi hujan ringan tidak merata terjadi di sebagian wilayah Kab. Rohul, Kampar, Bengkalis, sebagian Siak, Pelalawan, Kuansing dan Kota Pekanbaru pada siang ini.
 
Kemudian pada malam harinya, kondisi cuaca berawan. Potensi hujan ringan hingga sedang yang disertai petir dan angin kencang terjadi di wilayah sebagian besar wilayah Kabupaten dan Kota Provinsi Riau.

Sedangkan dini hari, cuaca cerah berawan. Potensi hujan ringan bersifat lokal di sebagian wilayah Kab. Siak, Pelalawan, Inhu dan Inhil.



Adapun untuk hari ini, BMKG kembali memberi peringatan dini cuaca ekstrem. Potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang dapat terjadi di sebagian wilayah Kab. Rohul, Kab. Kampar, Kab. Kuansing dan Kota Pekanbaru.

Dengan suhu udara 23.0 – 33.0 °C, kelembapan udara pada kisaran 55 – 98 % dan kecepatan arah angin Barat Laut - Timur/ 09 - 30 km/jam. Gelombang tinggi gelombang diprakirakan akan terjadi di perairan Provinsi Riau pada umumnya berkisar antara 0.5 – 1.25 meter.