BPN Riau Targetkan 5 Tahun Lagi Kepemilikan Semua Lahan Masyarakat di Riau Terpetakan

BPN Riau Targetkan 5 Tahun Lagi Kepemilikan Semua Lahan Masyarakat di Riau Terpetakan

10 November 2020
Syahrir

Syahrir

RIAU1.COM - Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional (Kanwil BPN) Riau menargetkan pada 2025 nanti, semua kepemilikan lahan masyarakat di Riau sudah terpetakan. Hal tersebut disampaikan Kepala Kanwil BPN Riau Syahrir.

Hal tersebut selaras seperti diinginkan Presiden RI Joko Widodo, saat penyerahan sertifikat tanah untuk rakyat, di Istana Merdeka, Senin 9 November 2020. Hal ini juga disaksikan langsung oleh Gubernur Riau H Symsuar secara virtual di Balai Serindit, Gedung Daerah secara virtual.

"Diharapkan sampai 2025 nanti semuanya sudah terpetakan, kalau sudah terpetakan pembangunan lancar," kata Syahrir.

Menurut dia, dengan begitu, konflik lahan yang diantaranya disebabkan karena status hukum lahan dimiliki masyarakat tidak lagi menjadi konflik berkepanjangan. Baik melibatkan perusahaan mau pun pihak lainnya.

"Kalau sertifikat sudah diberikan semuanya, konflik tidak ada lagi," ujar Syahrir.

Ada pun sertifikat yang sudah dibagikan, Kanwil BPN Riau menargetkan 2021-2025 akan membagikan sertifikat tanah sebanyak 350 ribu bidang setiap tahunnya.

Hanya saja untuk tahun ini, sertifikat tanah yang diberikan hanya sebanyak 325 ribu bidang. Jumlah ini sudah termasuk sebanyak 17.688 bidang yang sebelumnya telah diserahkan Gubri juga secara virtual di Balai Serindit Gedung Daerah, pada Agustus lalu.

"Tahun depan kita targetkan empat kali lipat naik. Setiap tahunnya 2021 hingga 2025 kita targetkan 350 ribu bidang. Cuma tahun ini hanya dapat 325 ribu bidang," demikian Syahrir.