Tim Patroli Money Politik Pilkada di Riau Besok Mulai Disebar, Satu-satunya di Indonesia

Tim Patroli Money Politik Pilkada di Riau Besok Mulai Disebar, Satu-satunya di Indonesia

2 Desember 2020
Usai deklarasi

Usai deklarasi

RIAU1.COM - Pada deklarasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2020 kondusif yang diadakan Polda Riau bersama parpol peserta Pilkada di Riau, Selasa 2 Desember 2020 di salah satu hotel di Pekanbaru, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Riau menyebut pilkada kali ini menghadapi sekaligus dua pandemi.

"Kita menjalankan Pilkada dalam dua pandemi. Selain Covid kita juga dalam pandemi money politik," kata Ketua Bawaslu Riau Rusidi Rusdan dihadapan perwakilan partai politik dan tamu undangan lainnya.

Kerjasama yang sudah terbangun beberapa bulan ini dengan semua pihak untuk wujudkan pilkada berintegritas tambah dia, hendaknya dipertahankan.

"Ini komitmen kita wujudkan pilkada yang damai, aman dan kondusif. Dalam tujuh hari ke depan kita perlu dukungan dari seluruh peserta pilkada," ujar Rusidi.

Kondusifitas sambung dia, salah satu sumbernya yakni penegakan hukum yang konsisten," sampai hari ini tindak pidana baru lima kasus, ini upaya penekanan supremasi hukum. Dari lima kasus, tiga sudah di vonis, dan satu sedang dalam proses, Ini upaya kita," paparnya.

Dan dalam rangka antisipasi money politik, di Riau tuturnya ada tim patroli money politik satu-satunya di Indonesia dan ini melibatkan banyak pihak hingga tingkatan desa yang ada di Riau.

"Besok secara simbolis akan dilepas di Rokan Hulu. Pengawasan pilkada bukan hanya oleh Bawaslu, tapi dari semua pihak, ini disebut pengawasan partisipatif," pungkasnya.