Persemian Gerai UMKM Aspekraf Riau, Plh Sekdaprov: Luar Biasa, Tahniah

Persemian Gerai UMKM Aspekraf Riau, Plh Sekdaprov: Luar Biasa, Tahniah

22 Januari 2021
Saat peresmian Gerai UMKM Riau

Saat peresmian Gerai UMKM Riau

RIAU1.COM - Gerai Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Riau Puan Asosiasi Pelaku Usaha Ekonomi Kreatif Fashion (Aspekraf) di Lantai II Mall SKA Pekanbaru diresmikan Pelaksana harian (Plh) Sekretaris Daerah Provinsi Riau, Masrul Kasmy, Kamis (21/1/2021).

Untuk diketahui, Gerai UMKM Puan Aspekraf ini merupakan hasil kerjasama antara Aspekraf Riau dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (DPPK UKM) Provinsi Riau.

Masrul Kasmy menyebutkan bahwa Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar pasti merasa senang dengan adanya gerai UMKM ini, karena sejalan dengan visi misi Gubri apalagi terkait dampak pandemi Covid-19 terhadap ekonomi masyarakat.

"Luar biasa, tahniah, Aspekraf Riau ini merupakan sekumpulan ibu-ibu yang sejalan dengan keinginan Pemprov Riau terhadap dampak Covid-19 hari ini," kata dia.

Kemudian dia menerangkan bahwa ekonomi saat ini melemah, Aspekraf Riau berusaha membangkitkan ekonomi dengan cara mengidentifikasi makanan, pakaian, kemudian usaha-usaha yang bisa memberikan kontribusi terhadap penghasilan.

Menurutnya, acara tersebut sangat didukung penuh dan berharap bisa dikembangkan pada outlet-outlet besar seperti bandara dan pelabuhan, sehingga ini menjadi kebanggaan daerah Riau.

Sambung dia mengatakan, bermacam-macam kuliner khas daerah ada di gerai tersebut, seperti berbagai jenis mie, minuman, nasi lemak dan sebagainya dengan nilai kearifan lokalnya karena berasal dari daerah Riau.

"Karenakan spesifik, masing-masing daerah berproduksi tapi ini lebih spesifik diambil dari khas daerah seperti makanan yang berasal dari sumber-sumber dari Riau, seperti sagu. Jadi ini juga menjadi promosi bagi daerah," tuturnya.

Masrul Kasmy menambahkan, Disperindag Riau akan menggagas untuk dibukanya gerai UMKM di tempat yang ramai dikunjungi masyarakat dengan berupaya mencarikan perusahaan yang mau mendorong terlaksananya kegiatan tersebut.

"Kita akan dorong ini terutama di daerah yang ramai dikunjungi, dengan tetap mempedomani protokol kesehatan," demikian Masrul Kasmy.