Program Pulau Zakat di Rupat Riau, Satu-satunya di Indonesia

Program Pulau Zakat di Rupat Riau, Satu-satunya di Indonesia

25 Januari 2021
Plh Sekdaprov Riau Masrul Kasmy

Plh Sekdaprov Riau Masrul Kasmy

RIAU1.COM - Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Provinsi Riau, Masrul Kasmy berharap program pulau zakat yang merupakan program Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) provinsi Riau menjadi program dari Baznas pusat.

"Program Pulau zakat ini satu-satunya yang ada di indonesia, syukur-syukur nanti menjadi ikonnya Baznas pusat, adapun bentuk dari Pulau zakat sendiri yaitu intervensi meningkatkan dakwah pendidikan dan perekonomian," kata Mazrul Kasmy saat membuka rapat kerja Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Riau di salah satu hotel di Pekanbaru, Sabtu 23 Januari 2021.

Program pulau zakat akan diusahakan dan diupayakan menjadi program besar dari pemerintah Provinsi Riau dalam mempromosikan zakat dan juga pengelolaan zakat. Dan nantinya akan tersentralisasi dan sifatnya masing-masing Organisasi perangkat daerah (OPD).

"Ketika kita mengadakan rapat kemaren respon dari OPD semua masuk, salah satunya dinas perikanan yang mana merespon bahwa sampan di ubah menjadi kapal dan di Bappeda sendiri sudah ada program yang bisa menyatukan data," ujarnya

Kemudian, tambah dia, dengan adanya program menyatukan data tersebut, maka akan dapat lebih terarah dan pulau zakat tersebut akan betul-betul menjadi model di Indonesia dan mudah mudahan akan terwujud.

Masrul juga menyampaikan bahwa ia beberapa waktu lalu dipanggil oleh Gunernur Riau Syamsuar dan menyatakan dukungan penuh terhadap program pulau zakat.

"Karena ini nanti sebagai upaya untuk menjadi barometer dari keberhasilan beliau terutama pada sektor zakat dalam upaya menjadi pendorong kesejahteraan masyarakat," katanya lagi.

Masrul juga berharap program pulau zakat bisa berjalan dengan baik sehingga dapat dikembangkan diantaranya kota zakat, lingkungan dan kampung zakat yang ada di Indragiri Hilir.

"Pola-pola seperti ini kita terus dorong dan mudah mudahan bisa berjalan dengan baik seperti apa yang kita harapkan," demikian Masrul Kasmy.