DPRD Riau minta Pemerintah Buat Kebijakan Kusus untuk Siswa Perbatasan yang mendaftar Diluar Zonasi

DPRD Riau minta Pemerintah Buat Kebijakan Kusus untuk Siswa Perbatasan yang mendaftar Diluar Zonasi

7 Juli 2021
Marwan Yohanis

Marwan Yohanis

RIAU1.COM -Anggota komisi V DPRD Riau bagian pendidikan, Marwan Yohanis berharap pemerintah terkait bisa mengeluarkan kebijakan khusus terkait penerimaan para calon peserta didik baru yang tinggal di daerah perbatasan.

Hal ini dimintanya karna masih adanya masyarakat mengeluhkan sistem zonasi PPDB tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA dan Sekolah Mengena Pertama (SMP) terutama di perbatasan yang zonanya berbeda.

"Ya kita minta pemerintah bisa mengeluarkan kebijakan khusus bagi siswa yang tinggal di daerah perbatasan. Jangan sampai ditolak seperti Dia tinggal di daerah Pandau, disitu ada SMA, dan SMP Pekanbaru yang dekat dari tempat tinggalnya. Ngak mungkin mencari sekolah ke Kampar sana. Ini kan repot jadinya masyarakat kita,"kata Marwan. Rabu 7 Juli 2021.

Terkait sistem zonasi didaerah perbatasan ini, Ia menyarakan pihak sekolah menerapkan hukum positif, yang mana para siswa yang tinggal di perbatasan diberikan pilihan apakah akan bersekolah di kota atau kabupaten tetangganya yang berdekatan dengan domisilinya.