Kawasan Roro Dumai Terlalu Kecil untuk Pelabuhan Internasional, Pertamina Diharapkan Hibahkan Aset Tanah

Kawasan Roro Dumai Terlalu Kecil untuk Pelabuhan Internasional, Pertamina Diharapkan Hibahkan Aset Tanah

14 Agustus 2021
Ilustrasi

Ilustrasi

RIAU1.COM - PT Pertamina diharapkan Gubernur Riau, Syamsuar untuk menghibahkan aset tanah untuk perluasan pembangunan pelabuhan Roll On Roll Off (Roro) Dumai-Melaka.

Juga sebut Syamsuar, harapan itu juga telah disampaikannya kepada Menteri BUMN Erick Thohir dan Dirut PT Pertamina Nicke Widyawati. Menurut Gubri, PT Pertamina akan membahas tanah untuk perluasan Pelabuhan Roro di Dumai tersebut.

"Pembangunan Roro Dumai-Melaka yang di Dumai itu, kebetulan disebelahnya ada milik Pertamina, namanya Patra Niaga. Karena areal pelabuhan Roro yang ada di Dumai itu terlalu kecil," kata dia.

Menurut Gubri, karena pelabuhan Roro Dumai-Melaka ini akan digunakan untuk internasional, tentu memerlukan lahan parkir yang luas. Sementara pihaknya tidak memiliki lahan seluas itu, maka tanah milik Pertamina itu bisa dimanfaatkan.

"Kita juga sudah komunikasikan ke Direktur PT Pertamina Hulu dan beliau juga mensupport. Agar nanti pelabuhan Roro Dumai-Melaka ini, nantinya bisa dikerjasamakan antara BUMN bersama dengan BUMD, baik Kota Dumai maupun Provinsi Riau,"terang Gubri.**