Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzam Syah Diusulkan jadi Pahlawan Nasional, Berikut Pandangan Syamsuar

Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzam Syah Diusulkan jadi Pahlawan Nasional, Berikut Pandangan Syamsuar

1 Desember 2021
Kunjungan Pemko Pekanbaru ke kediaman Gubri

Kunjungan Pemko Pekanbaru ke kediaman Gubri

RIAU1.COM - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar mendukung usulan dari Program Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) Kota Pekanbaru terkait Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzam Syah menjadi pahlawan nasional.  

"Kami siap mensupport Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzam Syah menjadi pahlawan nasional," kata Syamsuar, Rabu (1/12) 

Kemudian untuk memudahkan jalannya TP2GD Pekanbaru dalam upaya mengusulkan Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzam Syah sebagai pahlawan nasional, Gubri mengusulkan tim sudah mulai mengumpulkan dokumen, bukti-bukti termasuk orang yang mengetahui sejarah dan perjuangan Sultan Siak Sri Indrapura ke-5 ini, serta mengikuti berbagai tahapan yang sesuai dengan perundang-undangan. 

Lanjut Gubri, beberapa daerah di Indonesia mengetahui tentang perjuangan Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzam Syah. Untuk itu, Syamsuar meminta TP2GD Pekanbaru menelusuri jejak perjuangan Sultan Muhammad Ali Abdul tidak hanya di Riau, tapi juga diluar Riau

"Kemudian yang lebih penting sekarang kita sudah mulai mensosialisasikan tentang Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzam Syah di Kota Pekanbaru ini, sehingga diharapkan dalam beberapa wakatu dekat almarhum dapat dikukuhkan sebagai pahlawan nasional," harap Gubri. 

Dijadikannya Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzam Syah sebagai pahlawan nasional, sebut gubri, bertujuan agar anak-anak Riau melek sejarah dan kenal dengan tokoh-tokoh Riau.*