Pemprov Riau Gelar Virtual Dagang se Sumatera, Berlangsung hingga Akhir Pekan Ini

Pemprov Riau Gelar Virtual Dagang se Sumatera, Berlangsung hingga Akhir Pekan Ini

14 Desember 2021
Saat pembukaan Virtual Dagang se Sumatera

Saat pembukaan Virtual Dagang se Sumatera

RIAU1.COM - Kegiatan Virtual Dagang 2021 se Sumatera diharapkan Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM (Disperindagkop UKM) Provinsi Riau, Taufik OH dapat memberikan efek positif bagi para pelaku UMKM yang terdampak pandemi COVID-19.

Taufiq menyebutkan, kondisi pandemi COVID-19 sangat berdampak kepada perekonomian global dan negara Indonesia. Dampak tersebut salah satunya dirasakan oleh UMKM yang ada.

Kemudian industri 4.0, memaksa semua pihak untuk kreatif dan inovatif dalam mengikuti perkembangan zaman yang saat ini lebih memusatkan kepada sistem teknologi informasi.

"Disperindagkop UKM mencoba mencari solusi tantang itu yang menaja even misi Dagang Virtual," ucapnya, dalam pembukaan Misi Dagang Virtual 2021 se Sumatera, Senin (13/12).

Melalui misi Dagang Virtual 2021, dia berharap memberikan pengalaman tersendiri bagi para pihak yang terlibat di dalamnya. Melalui teknologi virtual tour, maka para pengunjung tidak lagi melihat event streaming seperti biasanya.

Sementara Misi Dagang Virtual ini tambah dia, yakni menyediakan wadah promosi bagi para UMKM untuk mempromosikan produk unggulan kreatifnya yang diikuti oleh provinsi se Sumatera dan negara tetangga seperti Thailand dan Malaysia.

"Event ini, para peserta nantinya akan berinteraksi dengan para pengunjung atau calon pembeli melalui fitur video call," jelasnya.

Taufik OH menambahkan, kegiatan  akan diikuti oleh dua negara tetangga, yaitu Thailand dan Malaysia. Serta 10 provinsi se Sumatera dengan total 200 peserta dengan target pengunjung 10.000 pengunjung.

Beberapa produk yang akan ditampilkan dalam even ini yaitu fashion, kuliner dan lain sebagainya. Masing-masing Provinsi se Sumatera akan mengikutsertakan 10 UMKM bertingkat ekspor di daerah nya. Khusus untuk Riau, akan diikutsertakan 10 UMKM bertingkat ekspor di masing-masing kabupaten kota.

"Waktu pelaksanaan mulai tanggal 13-17 Desember 2021. Diharapkan memberikan ruang yang leluasa untuk pengunjung melihat produk yang ditampilkan menggunakan fitur video call," tukasnya.*