Pansus Konflik Lahan DPRD Riau Segera Keluarkan Rekomendasi

Pansus Konflik Lahan DPRD Riau Segera Keluarkan Rekomendasi

13 Januari 2022
Marwan Yohanis

Marwan Yohanis

RIAU1.COM -Pansus Konflik lahan DPRD Riau segera akan mengeluarkan rekomendasi dari apa yang sudah dikerjakan selama ini.

Ketua Pansus Konflik Lahan, Marwan Yohanis mengatakan sejak dibentuk Pansus, sampai saat ini penyelesaian pansus ini sudah mencapai 50 persen. 

"Kita ditargetkan 6 bulan harus tuntas. Pansus dibentuk bulan Oktober 2021 jadi ada beberapa bulan lagi. Tapi kita menargetkan akhir Januari sudah selesai,"kata Marwan di DPRD Riau. Kamis (13/1/2022).

Marwan mengatakan sampai saat ini proses yang telah dilakukan Pansus dalam penyelesaian ini sudah sampai pada tahap pemanggilan pihak terkait, mulai dari perusahaan, masyarakat, Badan Pertanahan Nasional kabupaten dan Riau hingga dinas perkebunan.

"Jadi ada beberapa tahap lagi kita akan lakukan pertemuan dengan pihak terkait baik perusahaan hingga pemerintah,"terangnya.

Marwan berharap di bulan April yang merupakan batas akhir pansus ini nantinya,  rekomendasi Pansus Konflik Lahan ini bisa selesai dan dibacakan dalam sidang paripurna.

"Kita berharap April sudah bisa selesai dan dibacakan di sidang Paripurna. Dalam penyelesaian Pansus ini kami sudah himpun semua masukan dan analisis hukumnya, tinggal mengundang pemerintah, pelapor dan perusahaan untuk merumuskan terhadap konflik lahan. Artinya akhirnya Januari bisa rampung dalam meminta keterangan dari pihak terkait. Karna di bulan Februari kita akan meninjau kelapangan sekaligus mendapatkan referensi kepada daerah yang berhasil menyelesaikan sengketa lahan ini serta pendapat dari kementerian terkait, agar tidak bertentangan dengan aturan yang lebih tinggi,"terangnya.

Dalam penyelesaian pansus ini, tambah politisi Gerindra ini mengaku tidak mengalami kendala, hanya karna pelapor yang berdomisili jauh. Walaupun demikian semua bisa berjalan dengan baik.