Puluhan Perwakilan Organisasi Mahasiswa di Riau Adakan Pertemuan, Bahas Hidup Rukun di Ruang Publik

Puluhan Perwakilan Organisasi Mahasiswa di Riau Adakan Pertemuan, Bahas Hidup Rukun di Ruang Publik

19 Maret 2022
Saat pertemuan

Saat pertemuan

RIAU1.COM - Saat ini, Mahasiswa harus tahu bagaimana menyikapi perbedaan agama serta mencari solusi untuk mengolah perbedaan tersebut sebagai kekuatan yang dapat mempersatukan Negara Kesatuan Repubil Indonesia (NKRI).

Pernyataan tersebut disampaikan Kakanwil Kemenag Riau melalui Kepala Bagian Tata Usaha Asmuni didampingi Sub Koordinator Ortala dan SUB Gana Radguna, dalam acara kampanye hidup rukun di ruang publik, di Pekanbaru, Jumat (18/3/2022) .

Asmuni menyebutkan, mahasiswa dengan intelektual yang tinggi diharapkan dapat menjadi masa depan bangsa, bukan hanya memenuhi tugas intelektual saja, tetapi harus dibarengi dengan aspek sosial yang tinggi.

“Kerukunan umat bergama adalah keadaan hubungan sesama umat beragama yang dilandasi toleransi, saling pengertian, saling menghormati, menghargai kesetaraan dalam pengamalan ajaran agama. Mahasiswa mempunyai peran yang sangat besar dalam hal ini, yaitu memperkuat toleransi untuk masa depan bangsa,” harapnya.

Sementara itu panitia pelaksana Gana Radguna menyampaikan, peserta kegiatan sebanyak 30 orang terdiri dari unsur organisasi kemahasiswaan dan unsur Kanwil Kemenag Riau

Dimana, para peserta setelah mengikuti kegiatan diharapkan dapat mengkampanyekan hidup rukun di lingkungannya. Sesuai dengan tema kegiatan "Dengan Hidup Rukun Kita Ciptakan Keharmonisan, Persatuan dan Kesatuan".

“Melalui kegiatan ini diharapkan terus semakin menumbuhkan sikap saling menghargai dan menghormati perbedaan atau eksistensi yang ada dari masing-masing agama di lingkungan kampus dan masyarakat,” tutur dia.*