Rabu, 06 Juli 2022

RIAU

Pembangunan RoRo Dumai-Melaka, Gubri Syamsuar Bertandang ke Malaysia

news24xx


Saat pertemuan Saat pertemuan

RIAU1.COM - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar menemui Yang Dipertua Negeri Melaka Tun Dato Seri Utama H Mohd. Ali Mohd. Rustam, di Istana Negeri Melaka Malaysia, Sabtu (28/5/2022).

Baca Juga: Pra-UKW dan UKW Gratis akan Digelar SPS Riau bersama PWI Riau

Usai pertemuan, Gubri Syamsuar mengatakan bahwa rencana pembangunan RoRo Dumai-Melaka sudah lama dibahas kedua belah pihak. 

Baik Indonesia maupun Malaysia sudah beberapa kali melakukan pertemuan.

"Semuanya membincangkan tentang pembangunan RoRo Dumai-Melaka," sebut Gubri Syamsuar.

Lebih lanjut, Gubri mengungkapkan saat Covid-19 melanda tidak ada lagi pembahasan mengenai hal itu. Terakhir, pihaknya mengadakan pertemuan pada 2020 secara virtual yang dipimpin oleh Menko Marves dan diikuti beberapa menteri termasuk Menteri Perhubungan RI. 

"Saat ini kami berkesempatan untuk berkunjung ke Malaysia membincangkan dengan beberapa menteri, termasuk Menteri Dalam Negeri Malaysia ikut menyampaikan masalah ini juga dengan harapan dapat disampaikan kepada Perdana Menteri Malaysia," ungkap Syamsuar.

Syamsuar juga menyatakan sebagai wujud dari tindak lanjut pelaksanaan konferensi IMT GT yang dilaksanakan di Bangkok beberapa waktu lalu, Pemerintah Indonesia tetap melanjutkan program yang sudah dinantikan oleh masyarakat Riau ini. 

"Pada saat konferensi IMT GT itu, kebetulan saya ikut delegasi Pak Presiden. Jadi artinya saya mendengar sendiri apa perencanaan antara Indonesi dengan Perdana Menteri Thailand dan Malaysia," ulas Syamsuar.

Ia menambahkan bahwa Pemerintah Indonesia melalui Menteri Perhubungan dan Pemerintah Daerah (Pemda) tetap mempersiapkan langkah - langkah untuk pembangun RoRo Dumai-Melaka ini. 

"Harapannya melalui Country ini juga dapat membantu mewujudkan hajat kita untuk konektivitas antara Thailand, Malaysia dan Indonesia melalui Dumai," tambahnya.

Syamsuar juga menyebutkan bahwa pihaknya sangat senang bisa diterima untuk membincangkan perkembangan pembangunan RoRo Dumai-Melaka dan Jembatan Melaka-Rupat Dumai.

Baca Juga: Acara Puncak HUT SPS ke 76 di Riau, Berikut Rangkaian Kegiatannya

"Kami tentunya sangat mendukung jika itu terwujud, tapi langkah awal untuk mewujudkan pembangunan jembatan Melaka Rupat Dumai itu pembangunan Roro Dumai Melaka harus bertambah kemajuannya. Tentunya kami harapkan bukan hal yang mustahil pembangunan jembatan ini dapat kita wujudkan bersama," sebut Syamsuar.*





loading...
Loading...