Gubri Syamsuar Klaim Perkembangan Desa di Riau Meningkat

Gubri Syamsuar Klaim Perkembangan Desa di Riau Meningkat

13 Juli 2022
Kunjungan Kerja Gubri Syamsuar di Bengkalis belum lama ini

Kunjungan Kerja Gubri Syamsuar di Bengkalis belum lama ini

RIAU1.COM - Dalam upaya meningkatkan kemajuan desa di Provinsi Riau, menurut Gubernur Riau Syamsuar harus ada kolaborasi dari seluruh pihak.

"Agar indikator kita ini bisa naik, tentu harus ada kolaborasi dari seluruh pihak. Tidak hanya dari kabupaten/kota saja, juga harus kerja dari provinsi dan pemerintah pusat agar perkembangan desa kita ini bisa tinggi dan merata," sebut Gubri Syamsuar.

Ia menerangkan bahwasanya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau terus berupaya untuk meningkatkan kemajuan desa yang ada di Provinsi Riau

"Banyak hal yang kami lakukan di provinsi ini, membantu bencana, menuntaskan kemiskinan ekstrem dan stunting, termasuk juga terus mengupayakan pengembangan desa di Riau ini dengan baik," terangnya.

Pihaknya menyatakan sejak menjabat bersama Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution, telah dirumuskan program pembangunan desa. Dengan mengalokasikan dana bantuan keuangan khusus desa.

"Alhamdulillah perkembangan desa di Riau ini saat ini, sudah jauh meningkat dari sebelumnya," kata Syamsuar.

Sebagai informasi, pada Tahun 2019 yang lalu, jumlah desa mandiri di Riau hanya berjumlah 10 desa dan pada Tahun 2022 meningkatkan menjadi 159 desa. Kemudian untuk desa maju di Riau ini pada Tahun 2019 hanya 163 desa. Namun saat ini meningkat laju sekali hingga mencapai sebanyak 520 desa.

Pihaknya mengungkapkan, pada Tahun 2019 desa berkembang sebanyak 951 desa, Tahun 2022 menurun dan hanya berjumlah 801 desa. "Desa tertinggal di Riau awal kami bertugas mencapai 422 desa, dan sekarang sudah jauh menurun hanya tinggal 87 desa. Sedangkan untuk desa sangat tertinggal di Riau berjumlah 45 desa. Namun tahun ini tinggal 24 desa," ungkapnya.

Ditargetkan Gubernur Syamsuar, pada Tahun 2024 desa mandiri bertambah menjadi 648 desa, desa maju berkurang menjadi 473 desa, dan desa berkembang berkurang menjadi 470 desa.

Untuk itu, Syamsuar meminta kepada Pemerintah Daerah baik dari kabupaten/kota untuk bisa berkomitmen dengan sungguh - sungguh dan bisa bekerjasama.

"Tentu ini tidak bisa diserahkan kepada provinsi saja, saya ingin adanya komitmen dari para kepala daerah kabupaten/kota yang ada di provinsi Riau agar perkembangan desa di Riau bisa tercapai sesuai harapan bersama," pinta dia.*