Keinginan Syamsuar: Semua Desa di Riau Punya Produk Pangan Bisa Diekspor

Keinginan Syamsuar: Semua Desa di Riau Punya Produk Pangan Bisa Diekspor

23 Juli 2022
Gubernur Riau, Syamsuar

Gubernur Riau, Syamsuar

RIAU1.COM - Menurut Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar, bahwa potensi pangan besar di Riau bisa pula dijadikan sumber penghasilan masyarakat. 

Syamsuar menjelaskan, negara tetangga seperti Malaysia juga mengalami kekurangan bahan pokok, seperti sayur mayur, ayam, lengkuas, jahe dan lain sebagainya.

"Karena Riau berbatasan langsung dengan Malaysia, jika desa memiliki potensi ini, juga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata dia akhir pekan ini.

Selain untuk memenuhi kebutuhan pangan sendiri, sambung dia, juga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat yang ada di desa.

"Maksud saya ini kita adakan di semua desa kita bisa eksportir. Mereka butuh itu. Artinya ini harus kita manfaatkan. Ini peluang desa, income desa dan income untuk masyarakat," ujarnya.

"Karena itulah saya harapkan momen ini saya sampaikanlah informasi-informasi terkini, kalau memang tidak diekspor minimal untuk kebutuhan kita sendiri, karena Riau ini pangan kita kurang seperti beras yang masih dibantu oleh provinsi tetangga," ucapnya.*