Puluhan Kepala Laboratorium Ikuti Pelatihan dan Sertifikasi Kompetensi di UMRI

Puluhan Kepala Laboratorium Ikuti Pelatihan dan Sertifikasi Kompetensi di UMRI

1 Agustus 2022
Kampus UMRI

Kampus UMRI

RIAU1.COM - Sebanyak 40 guru dari perwakilan 12 kabupaten dan kota di Riau mengikuti pelatihan dan sertifikasi kompetensi kepala laboratorium untuk tingkat SMA/SMK/MA se Provinsi Riau di Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI), Senin (01/08/2022).

Asisten I Setdaprov Riau, Masrul Kasmy menyebutkan, bahwa pihaknya menyambut baik terselenggaranya kegiatan pelatihan dan sertifikasi tersebut. Kegiatan ini untuk pengembangan para tenaga pendidikan terutama untuk mempersiapkan calon kepala laboratorium di sekolah.

Selain itu, menurutnya kegiatan ini juga mendukung program Merdeka Belajar yang dicanangkan oleh Kemendikbud Ristek RI dalam hal ini melalui Dinas Pendidikan Riau untuk meningkatkan kompetensi Guru dalam pengelolaan dan pengembangan praktikum di sekolah.

"Program ini juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan minat belajar siswa terutama mata pelajaran sains," katanya.

Ia mengungkapkan, melalui pelatihan dan sertifikasi kompetensi kepala laboratorium sekolah pada dan guru akan berorientasi pada akhirnya, untuk peningkatan penilaian akreditasi sekolah.

"Saat ini masih banyak guru yang belum memiliki kompetensi dan sertifikasi kepala laboratorium. Sehingga hal ini  mempengaruhi dalam pelaksanaan praktik di sekolah, yang tidak terlaksana secara optimal sehingga menurunkan minat dan pengetahuan siswa tentang mata pelajaran sains atau ilmu pengetahuan alam," ujarnya.

Untuk itu, pihaknya juga menyatakan  akan mendukung  kegiatan pelatihan dan sertifikasi oleh para calon kepala laboratorium yang akan dilaksanakan secara offline.

Pada kesempatan tersebut, ia juga berharap kegiatan ini dapat terus dilaksanakan oleh perguruan tinggi. Sehingga manfaat yang diberikan dapat terus dirasakan oleh banyak pihak.

"Tahun ini saja sudah dapat 40 peserta diharapkan pada tahun-tahun mendatang jumlah ini akan banyak, lebih banyak dan terjangkau seluruh kabupaten kota yang ada di Riau. Semoga kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik," harapnya.*