Rektor Unri: Perekonomian Harus Bangkit Melalui Transportasi Laut

Rektor Unri: Perekonomian Harus Bangkit Melalui Transportasi Laut

15 September 2022
 Prof Dr Ir Aras Mulyadi

Prof Dr Ir Aras Mulyadi

RIAU1.COM - Pembangunan infrastruktur pelabuhan dan berbagai sarana yang diandalkan di antaranya, armada kapal dan sarana bongkar muat yang memadai untuk menopang geliat dari pembangunan ekonomi antar daerah.

Seperti itu disampaikan Rektor Universitas Riau (UNRI) Prof Dr Ir Aras Mulyadi DEA saat membuka kegiatan Kuliah Umum bersama PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero), Rabu (14/9/2022) di Ruang Serbaguna Siak Indrapura Gedung Rektorat Kampus Bina Widya UNRI.

Kuliah Umum yang digelar oleh UNRI melalui Jurusan Ilmu Administrasi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik (FISIP) ini, bertajuk Kebijakan Tol Laut Menuju Kemandirian dan Kedaulatan Negara, Studi Tol Laut Riau-Malaka.

Kuliah umum ini mengurai tentang Tol Laut yang dapat menciptakan perdamaian dan peradaban baru di wilayah 3TP (Terpencil, Terluar, Tertinggal dan Pedalaman).

"Perekonomian nasional harus bangkit kembali melalui Tol laut, meliputi pelabuhan dan sarana transportasi laut lainnya. Perlunya mengoptimalkan tol laut dengan meningkatkan dengan jumlah komoditas lokal yang memadai dan daya jual tinggi untuk diperdagangkan keberbagai daerah di indonesia dan di mancanegara," jelas Rektor.

"Optimalisasi tol laut dapat dilakukan dengan meningkatkan dengan jumlah komoditas lokal yang memadai dan daya jual tinggi untuk diperdagangkan ke berbagai daerah di Indonesia dan di manca negara. Upaya tersebut bisa di lakukan jika semua pihak dilibatkan," sambung dia.*