Arus Balik Mudik, Kadishub Riau: Tidak Ada Kepadatan Lalu Lintas

Arus Balik Mudik, Kadishub Riau: Tidak Ada Kepadatan Lalu Lintas

29 April 2023
GT Bangkinang-Pekanbaru

GT Bangkinang-Pekanbaru

RIAU1.COM - Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Riau Andi Yanto mengatakan, dari hasil pemantauan pihaknya dipintu masuk provinsi Riau yakni di lintas barat dan timur Riau, belum terjadi antrean kendaraan yang akan masuk ke kota Pekanbaru pada arus balik mudik.

"Dari pantauan posko kami di lintas barat dan timur, masih terpantau lancar. Belum ada kepadatan arus kendaraan," katanya akhir pekan ini.

Lebih lanjut dikatakannya, belum adanya kepadatan arus lalulintas tersebut dikarenakan libur cuti bersama Idul Fitri yang cukup panjang. Kemudian juga terdapat libur nasional pada awal Mei nanti.

"Waktu libur cukup panjang, jadi pemudik pulangnya terpecah-pecah tidak terfokus pada satu hari yang sama. Ini yang membuat tidak terjadi kepadatan arus lalulintas," ujarnya.

Sementara itu, untuk di pelabuhan, seperti di Pelabuhan Buton Siak, juga tidak terdapat kepadatan yang  berarti. Dimana, pelabuhan ini melayani penyebaran orang dari Kepulangan Meranti.

"Kalau untuk pelabuhan Buton juga masih aman, karena penyeberangan orang jadi tidak padat. Berbeda dengan pelabuhan Bengkalis, memang sudah biasa terjadi antrean kendaraan hingga malam hari," sebutnya.

Sedangkan di terminal BRPS Pekanbaru, menurutnya juga tidak terdapat antrean. 

"Pasalnya, banyak masyarakat yang memilih angkutan Antar Jemput Dalam Provinsi (AJDP) yang menggunakan armada eksekutif," tuturnya.*