Berbagi Informasi Pendidikan, Rektor KUIPs Malaysia Temui Wagubri

Berbagi Informasi Pendidikan, Rektor KUIPs Malaysia Temui Wagubri

24 September 2023
Wagubri Edy Natar bersama  Rektor KUIPs Malaysia Rozaymi dan Kadisik Riau Kamsol

Wagubri Edy Natar bersama Rektor KUIPs Malaysia Rozaymi dan Kadisik Riau Kamsol

RIAU1.COM - Kunjungan Rektor Kolej University Islam Perlis (KUIPs) Malaysia, Rozaymi diterima Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Edy Natar Nasution akhir pekan ini.

Kedatangannya Rizaymi ke Riau bertujuan untuk mengisi kuliah umum di Institut Agama Islam Diniyah Pekanbaru. Keberadaan universitas tersebut kewenangannya berada di bawah Majelis Agama Islam Negeri Perlis (MAIPs). MAIPs memberikan pendanaan penuh terhadap segala operasional KUIPs.

"Ada 1.500 pelajar yang bersama kami saat ini, hampir 15 persennya adalah pelajar dari luar Malaysia. Terbanyak berasal dari Indonesia dan, Nigeria, dan Thailand. Semua pelajar ini tidak membayar biaya apapun termasuk tempat tinggal, dan juga diberikan uang saku bulanan sebanyak 300 ringgit sebulan atau Rp 1.200.000," jelasnya.

"Saya tidak malu untuk menyebutkan di sini, kalau pelajar Indonesia di kampus kami adalah para pelajar yang cemerlang dalam penggunaan Bahasa Arab, mereka sangat fasih berbahasa Arab, sehingga pelajar Indonesia ini dirasa perlu menjadi ketua dari pelajar lainnya untuk bertutur dalam Bahasa Arab," imbuhnya.

Diungkapkan dia, para pelajar dari Indonesia, juga menunjukkan akhlak terpuji dan sangat mengerti akan sopan santun. Selain itu, para pelajar dari Indonesia juga memiliki kepercayaan diri yang baik. Maka pada kesempatan tersebut, pihaknya dengan senang hati menyampaikan kepada Wagubri terkait tawaran kesempatan untuk anak-anak Riau melanjutkan pendidikannya di KUIPs.

"Setiap tahun kami membuka pendaftaran mahasiwa baru sebanyak 400 pelajar, dari jumlah itu kami menerima 300 pelajar dari berbagai daerah dan akan mengikuti seleksi yang akan dipersiapkan. Jadi saya menjemput pelajar-pelajar kita untuk kuliah di KUIPs secara geratis, bukan hanya S1 namun juga S2 dan S3," terangnya.

Wagubri Edy menyambut baik kedatangan Rekot KUIPs ke Provinsi Riau. Ia memandang kuliah umum itu dapat meningkatkan peningkatan pemahaman dari para mahasiswa.

"Oleh karena itu saya menyambut baik kedatangan pihak KUIPs pada hari ini, saya dan gubernur juga selalu mendukung penuh terkait pendidikan, kami ingin anak Riau seluruhnya dapat pendidikan dengan baik," tutur dia.*