Berikut Info Keadaan Banjir Beberapa Daerah di Riau

Berikut Info Keadaan Banjir Beberapa Daerah di Riau

18 Maret 2023
Banjir Kuantan Singingi

Banjir Kuantan Singingi

RIAU1.COM - Banjir yang sempat melanda empat kecamatan di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) saat ini sudah mulai berangsur surut. Sejumlah fasilitas umum dan rumah warga yang sebelumnya sempat digenangi air pun kini sudah bisa difungsikan kembali. 

"Kemarin ada 4 kecamatan di Kuansing, termasuk di Gunung Toar yang dilanda banjir senin kemarin. Tapi hari ini sudah mulai surut," kata Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan BPBD Riau, Jim Gafur, Kamis (16/3/2023).

Selain di Kuansing, sejumlah rumah warga di Kampar Kiri Hulu juga sempat dilanda banjir. Meskipun saat ini airnya sudah surut. 

Namun warga diminta tetap waspada, sebab jika hujan terus turun maka sungai Subayang akan kembali meluap dan banjir akan kembali menggenangi rumah warga.

"Kemarin memang sempat banjir di Kampar Kiri Hulu, akibat meluapnya Sungai Subayang, tapi sudah surut, itu banjirnya hanya lewat saja. Tapi kalau hujan terus menerus itu akan naik lagi dan bisa mengakibatkan banjir yang lebih besar lagi," papar dia.

Sementara naiknya debit air di waduk PLTA Koto Panjang, Jim mengungkapkan sejauh ini belum sampai ambang batas untuk pembukaan pintu waduk. Sehingga masyarakat di sepanjang aliran sungai Kampar masih aman.

"Belum ada banjir disepanjang aliran sungai Kampar, untuk debit air di waduk PLTA Koto Panjang memang sudah mulai naik, tapi belum ada pembukaan pintu, kalau nanti terus naik dan harus dilakukan pembukaan pintu baru nanti disampaikan kepada warga agar waspada," katanya.*