BPBD Akui Masih Ada 159 Desa di Riau Rawan Karhutla

BPBD Akui Masih Ada 159 Desa di Riau Rawan Karhutla

3 Februari 2023
Ilustrasi karhutla

Ilustrasi karhutla

RIAU1.COM - Masih ada terdapat sebanyak 159 desa di Riau masuk dalam daftar desa rawan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla). 

Desa ini ditetapkan rawan Karhutla berdasarkan pemetaan yang dilakukan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau bersama instansi terkait yang tergabung dalam Satgas Penanganan Karhutla Riau

Berdasarkan keterangan Kepala BPBD Riau, M. Edy Afrizal, Jumat (3/2/2023) mengatakan jumlah desa rawan Karhutla di Riau paling banyak ditemukan di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) sebanyak 35 desa.

Kemudian Inhil 28 desa, Pelalawan 22 desa, Meranti 14 desa, Bengkalis 16 desa, Dumai 11 desa, Inhu 11 desa, Siak 11 desa, Kampar 3 desa, Pekanbaru 3 desa, Kuansing 2 desa dan di Rohul ada 2 desa. 

Lalu Edy mengungkapkan, jika dibandingkan dengan tahun 2021, jumlah desa rawan Karhutla di Provinsi Riau mengalami penurunan. Dimana sebelumnya ada 300 an desa di Riau yang masuk kategori desa rawan Karhutla. 

Namun seiring berjalannya waktu, warga desa yang rawan Karhutla itu memiliki pengalaman dalam menghadapi karhutal di tahun-tahun sebelumnya. Sehingga mereka jauh lebih siap saat musim kemarau tiba. 

"Jadi desa yang masih rawan karhutla ini nantinya akan kami fokuskan, tapi kita tetap patroli di desa lainnya meskipun tidak masuk dalam daftar desa rawan Karhutla," demikian Edy.*