DED Fly Over Garuda Sakti Pekanbaru Masih Menunggu Pembebasan Lahan

DED Fly Over Garuda Sakti Pekanbaru Masih Menunggu Pembebasan Lahan

10 Agustus 2023
Simpang empat Garuda Sakti Pekanbaru

Simpang empat Garuda Sakti Pekanbaru

RIAU1.COM - Kementerian PUPR bersama dengan Pemerintah provinsi Riau akan membangun fly over di Persimpangan Jalan Garuda Sakti, Pekanbaru. 

Pembangunan flyover tersebut untuk mengatasi kemacetan yang sering terjadi di persimpangan jalan itu terutama saat jam sibuk.

Dalam pembangunan flyover tersebut, pemerintah pusat akan membangun fisik flyover. Sedangkan pemerintah provinsi Riau bertugas untuk membebaskan lahan di sekitar lokasi pembangunan flyover.

Berdasarkan keterangan Kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Riau Kementerian PUPR T Yuliansyah mengatakan, saat ini pihaknya belum mendesain fly over garuda sakti tersebut. Pasalnya, untuk melakukan Detail Engineering Desain (DED) pihaknya masih menunggu pembebasan lahan dari Pemprov Riau.

"Belum didesainnya, karena saat ini masih menunggu pembebasan lahan oleh Dinas PUPR PKPP Riau. Terutama di kaki-kaki persimpangan jalannya," katanya.

Selain itu, pihaknya juga akan menyiapkan dokumen-dokumen sabagai bagian dari menyiapkan readiness criteria untuk diusulkan dalam program kegiatan.

"Karena itu desainnya baru akan kami mulai tahun depan," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perumahan Kawasan Pemukiman Pertanahan (PUPR-PKPP) Riau, M Arief Setiawan mengatakan, Pemprov Riau menyiapkan sebesar Rp5,3 miliar di Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Riau 2023. 

"Untuk ganti rugi lahan pembangunan flyover simpang Garuda Sakti Pekanbaru anggarkan sudah kita siapkan Rp5,3 miliar," katanya.*