Ditemukan 13 Titik Panas di Riau, Terbanyak di Rohil

Ditemukan 13 Titik Panas di Riau, Terbanyak di Rohil

26 Mei 2023
ilustrasi/net

ilustrasi/net

RIAU1.COM - Prakiraan cuaca dan hotspot untuk Provinsi Riau Jumat, 26 Mei 2023 dirilis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru. 

Berdasarkan keterangan Forecaster BMKG Pekanbaru, Sanya G menjelaskan bahwa pada pagi hari di Pekanbaru dan sebagian wilayah Riau diprakirakan cerah dengan cuaca cerah berawan. Namun, terdapat potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang di beberapa wilayah seperti Bengkalis, Indragiri Hulu, Kepulauan Meranti, Dumai, dan sebagian Pekanbaru.

Siang hingga sore hari, cuaca diprakirakan cerah berawan hingga berawan di Pekanbaru dan sekitarnya. Terdapat potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang di sebagian wilayah Kampar, Rokan Hulu, Rokan Hilir, Kuantan Singingi, Indragiri Hulu, Indragiri Hilir, Pelalawan, Kepulauan Meranti, dan Pekanbaru.

Malam hari, cuaca masih diprakirakan cerah berawan hingga berawan di Pekanbaru dan sekitarnya. Terdapat potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang di beberapa wilayah seperti Rokan Hulu, Kampar, Siak, Kabupaten Bengkalis, Kepulauan Meranti, Kuantan Singingi, Dumai, dan sebagian Pekanbaru.

Dini hari, cuaca di Pekanbaru dan sekitarnya diprakirakan cerah berawan hingga berawan. Terdapat potensi hujan dengan intensitas ringan di sebagian wilayah seperti Pelalawan, Bengkalis, Siak, dan Kota Dumai.

"Waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di sebagian wilayah Indragiri Hilir, Pelalawan, Kampar, Kepulauan Meranti, Siak, Kuantan Singingi, dan Bengkalis pada siang, sore dan malam hari," imbau Sanya.

Kemudian, untuk suhu udara di Pekanbaru dan sekitarnya diperkirakan berkisar antara 22,0 hingga 32,0 °C, dengan kelembapan udara mencapai 58 hingga 99 persen. Angin bertiup dari arah Selatan ke Barat dengan kecepatan 10 hingga 30 km/jam.

"Untuk prakiraan gelombang laut di perairan Provinsi Riau, tinggi gelombang diperkirakan berkisar antara 0,50 hingga 1,25 meter (rendah)," jelasnya.

Sementara itu, jumlah titik panas atau hotspot di Sumatera mencapai 178 titik. Rinciannya adalah 13 titik hotspot di Jambi, 38 titik di Bengkulu, 16 titik di Lampung, 54 titik di Sumatera Barat, 30 titik di Sumatera Selatan, 9 titik di Sumatera Utara, 5 titik di Bangka Belitung, dan 13 titik di Riau.

"Di Riau, titik hotspot terbanyak terdapat di Kabupaten Rokan Hilir dengan 11 titik, diikuti oleh Kabupaten Rokan Hulu dengan 1 titik, dan Kabupaten Siak dengan 1 titik," pungkasnya.*