Ferry Roro Dumai-Rupat Diyakini Mendukung Sektor Perikanan dan Pariwisata

Ferry Roro Dumai-Rupat Diyakini Mendukung Sektor Perikanan dan Pariwisata

10 Oktober 2023
Pembahasan pembangunan fasilitas Roro Dumai-Rupat

Pembahasan pembangunan fasilitas Roro Dumai-Rupat

RIAU1.COM - Pemerintah Kabupaten Bnegkalis berharap program hibah Compact 2 Millenium Challenge Coorporation (MCC) berupa peningkatan fasilitas ferry Roro Dumai-Pulau  Rupat, segera terealisasi.

Harapan tersebut disampaikan Asisten Administrasi Umum, Aulia Setkdakab Bengkalis saat menghadiri kick-off meeting bertempat di ruang rapat lantai  III Bappeda Litbang Provinsi Riau awal pekan ini.

"Kami berharap proyek tersebut bisa segera direalisasikan, mengingat Pulau  Rupat merupakan salah satu kawasan strategis pariwisata nasional dan akan menjadi penunjang yang sangat strategis untuk membuka potensi ekonomi  khususnya sektor perikanan dan pariwisata di Pulau Rupat", ujar Aulia.

Selain menjadi daya dongkrak mengangkat potensi ekonomi daerah, dermaga  ini sebut dia, juga nantinya akan semakin meningkatkan konektivitas akses utama dalam  pesisir yang menghubungkan antara kota Dumai dan pulau Rupat kabupaten Bengkalis.

Sementara itu, Kepala Bappeda Litbang Riau, Emri Juli Harnis dalam  sambutannya mengapresiasi kepada Kementerian Perencanaan Pembangunan  Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional yang secara konsisten  dan berkelanjutan memberikan perhatian untuk pembangunan di Provinsi  
Riau.

Dia juga memberikan apresiasi kepada MC dan berharap program program hibah - Compact 2 MCC dapat terlaksana dengan baik dan sukses, dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Provinsi Riau.

"Program hibah - Compact 2 MCC merupakan program hibah dari Pemerintah Amerika Serikat yang berawal dari adanya komitmen pemerintah untuk memerangi kemiskinan melalui pertumbuhan ekonomi berkelanjutan, proses tersebut telah sampai pada penyusunan visibility study proyek peningkatan  fasilitas Ferry Roro Dumai- Pulau Rupat sebagai proyek infrastruktur percontohan di Provinsi Riau dalam upaya pengembangan transportasi dan logistik," papar Emri.*