Hari Ini Logistik Pemilu 2024 di Riau Mulai Didistribusikan

Hari Ini Logistik Pemilu 2024 di Riau Mulai Didistribusikan

7 Februari 2024
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau, Ilham Muhammad Yasir

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau, Ilham Muhammad Yasir

RIAU1.COM - Akhir Januari 2024 lalu, semua logistik Pemilu dikatakan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau, Ilham Muhammad Yasir sudah selesai disortir. Selanjutnya, hari ini KPU telah menyelesaikan segel, sehingga pendistribusian logistik akan dilakukan. 

Seperti itu disampaikan Ilham saat mengikuti Rapat Koordinasi Persiapan Distribusi Pemilu 2024 di Provinsi Riau. Kegiatan tersebut berlangsung di Gedung Daerah Balai Serindit, Rabu (7/2/2024). 

KPU, sebut dia, akan menjadwalkan pendistribusian logistik Pemilu 2024 mulai 7 hingga 13 Februari 2024 di seluruh kabupaten/kota se Provinsi Riau. 

"Hari ini, 7 Februari 2024 akan dimulai jadwal distribusi logistik Pemilu 2024 di dua daerah yakni di Kabupaten Bengkalis pada empat kecamatan, yakni Rupat, Rupat Utara, Talang Mandau, dan Pinggir). Kemudian, di Kabupaten Inhil di lima kecamatan, yakni Pelangiran, Teluk Belengkong, Pulau Burung, Mandah, dan Kateman," sebut dia.

Ilham kemudian memaparkan, jenis logistik Pemilu 2024 yang akan didistribusikan, yakni pertama, perlengkapan pemungutan suara. Ini terdiri dari kotak suara, surat suara, tinta, bilik pemungutan suara, segel, alat untuk mencoblos pilihan, dan TPS. 

"Kedua, dukungan perlengkapan lainnya. Terdiri dari sampul kertas, tanda pengenal, karet pengikat surat suara, lem atau perekat, kantong plastik, bolpoin, gembok, spidol, formulir, stiker nomor kotak suara, tali pengikat alat untuk mencoblos pilihan, dan alat bantu tunanetra," ujarnya lagi.

Ketiga, tambah dia, perlengkapan pemungutan suara lainnya. Terdiri dari salinan Daftar Pemilih Tetap (DPT), salinan Daftar Pemilih Tambahan (DPtb), Daftar Pasangan Calon (DPC), Daftar Calon Tetap (DCT) DPR, DCT DPD, DCT DPRD provinsi, DCT DPRD kabupaten/kota, dan label identitas kotak suara untuk setiap jenis Pemilu.*