Ini Pentingnya Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Buatan Menurut Gubri Syamsuar

Ini Pentingnya Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Buatan Menurut Gubri Syamsuar

27 Oktober 2023
Sosialisasi Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Buatan di Indragiri Hilir belum lama ini

Sosialisasi Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Buatan di Indragiri Hilir belum lama ini

RIAU1.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau disebutkan Gubernur Syamsuar menjadikan bidang pendidikan sebagai prioritas program dan pembangunan. 

Sebab itu, jelas Syamsuar, apapun peluang untuk memajukan pendidikan di Riau akan diambil, termasuk dalam penerapan pendidikan vokasi dan penerapan pembelajaran berbasis kecerdasan buatan atau Artificial Intellegency (AI). 

Seperti itu disampaikan Gubri saat melakukan kunjungan kerja sekaligus sosialisasi pembelajaran berbasis AI di satuan pendidikan sekolah menengah atas yang dilaksanakan di SMAN 8 Mandau Kabupaten Bengkalis. 

"Banyak negara-negara yang sudah menerapkan AI, negara kita juga sudah mulai mengarah ke sana. Makanya kami selalu konsen bagaimana pendidikan ini selalu jadi prioritas," kata dia pertengaahan pekan ini.

Lalu Syamsuar melanjutkan, untuk pendidikan vokasi, Provinsi Riau termasuk yang pertama bahkan diterbitkannya Pergub pendidikan vokasi Riau juga menjadi yang pertama di Indonesia. 

Pergub Vokasi ini dituangkan dalam Pergub Nomor 6 Tahun 2022 tentang penguatan pendidikan dan pelatihan vokasi melalui kemitraan dengan industri, dunia usaha dan dunia kerja.

"Ini adalah bentuk komitmen kita meningkatkan kualitas SDM di Riau," ucapnya. 

Sementara itu, untuk penerapan pembelajaran berbasis AI ini, Pemprov Riau juga telah melakukan berbagai sosialisasi ke sekolah-sekolah di Riau, seperti di Kabupaten Kampar dan lain sebagainya. 

Karena menurut Gubri, mau tidak mau kedepannya AI harus dipelajari, supaya tidak ketinggalan dengan kemajuan teknologi yang ada. 

"Jadi kita harus bisa bagaimana meningkatkan kualitas pendidikan kita, jangan sampai kita terlena dengan masa lalu, kerja dengan cara manual," ucapnya. 

Dia juga menambahkan, saat ini banyak sekali beasiswa untuk anak-anak Riau yang ingin melanjutkan pendidikan, baik untuk skala dalam maupun luar negeri agar SDM Riau semakin berkualitas. 

Bahkan sebutnya, dari Pemprov Riau sendiri sudah menyediakan beasiswa S1, S2 bahkan hingga S3 untuk skala pendidikan di Indonesia dan bahkan di luar negeri juga ada. 

Olah karena itu menurut Syamsuar, tidak ada alasan lagi bagi anak-anak Riau yang tidak mau melanjutkan pendidikan dengan alasan tidak memiliki biaya, asalkan mau belajar, berprestasi dan mampu melihat peluang-peluang yang ada. 

"Tidak hanya beasiswa Pemprov Riau, ada juga beasiswa Baznas, beasiswa Kementerian dan masih banyak beasiswa lainnya," ucap Gubri.*