Kapan Perbaikan Jembatan di Meranti yang Ambruk? Ini Jawaban PUPR Riau

Kapan Perbaikan Jembatan di Meranti yang Ambruk? Ini Jawaban PUPR Riau

26 September 2023
Jembatan di Meranti yang ambruk belum lama ini

Jembatan di Meranti yang ambruk belum lama ini

RIAU1.COM - Jembatan Perawang di Desa Selat Akar, Kecamatan Tasik Putri Puyu, Kabupaten Kepulauan Meranti yang ambruk belum lama ini akan diperbaiki Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau pada tahun 2024 mendatang. 

Sebelum ambruk, jembatan sepanjang 70 meter yang menggunakan konstruksi Truss Bridge itu sudah mengalami kerusakan, yakni terjadi penurunan pada pondasi dan struktur bangunan. 

"Jembatan Perawang, sesuai instruksi pak gubernur akan kita perbaiki tahun depan," kata Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Riau, Zulfahmi, Senin (25/9/2023). 

Lanjut Zulfahmi, untuk perbaikan jembatan tersebut yakni menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) Riau tahun 2023 akan disiapkan Detail Engineering Design (DED). 

"DED nya kita susun dianggaran perubahan tahun ini. Namun, kita masih menghitung mana yang lebih efesien, apakah menggunakan kerangka yang lama atau gilder beton. Itu yang masih dihitung," terangnya. 

"Jelang jembatan tersebut diperbaiki, lsaat ini transportasi di sana menggunakan penyebaran empang (sampan kayu). Untuk dermaga penyeberangan sudah dikerjakan oleh UPT Jalan dan Jembatan Wilayah III," pungkasnya. 

Untuk diketahui, jembatan tersebut dibangun oleh Kabupaten Bengkalis dahulunya sebelum pemekaran, saat ini jembatan berada di wilayah Kabupaten Kepulauan Meranti. 

Namun, pada tahun 2017 ruas jalan berserta jembatannya di serahkan ke provinsi. Maka saat ini jembatan itu merupakan kewenangan Pemprov Riau.*