Karhutla di Riau, Gubri Syamsuar Sebut Masih Terkendali

Karhutla di Riau, Gubri Syamsuar Sebut Masih Terkendali

19 Oktober 2023
Rakor Forkopimda Riau

Rakor Forkopimda Riau

RIAU1.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau menggelar rapat koordinasi bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Riau.

Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar, juga hadir seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi Riau serta hadir secara virtual Bupati/Walikota se Provinsi Riau.

Pembahasan dalam rapat tersebut diantaranya terkait harga komoditas dan ketersediaan bahan pokok, Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), permasalahan kesehatan (stunting), pendidikan.

Rapat tersebut juga membahas yang berhubungan dengan inflasi, kemiskinan serta kesiapan penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di Provinsi Riau.

Usai rapat, Gubernur Syamsuar menjelaskan ekonomi Riau saat ini masih terjaga. Saat ini inflasi Riau masuk dalam 10 provinsi terendah di Indonesia yakni 1,96 persen.

"Selain kita membahas ekonomi di Riau kita juga membahas kebakaran hutan dan lahan. Alhamdulillah sampai saat ini masih terkendali," kata Syamsuar.

Ia mengaku telah mendapatkan laporan dari pemerintah kabupaten/kota terkait kebakaran hutan dan lahan. Dari laporan tersebut karhutla di daerah-daerah yang ada di Riau sudah padam.

Meskipun demikian masih ada sebagian yang masih bekerja di lapangan, terutama di daerah di Kabupaten Pelalawan, Indragiri Hulu dan Indragiri Hilir.

"Tadi kita sudah mendapatkan laporan, semuanya terkendali," terangnya. 

Sementara untuk ketersediaan pangan menjelang Pemilu 2024, Syamsuar menjelaskan bahwa dari laporan kepala Bulog Riau, ketersediaan pangan cukup dan masih terkendali. 

"Meskipun beberapa daerah di Indonesia ada yang kekurangan beras dan harga tinggi, namun di Riau Alhamdulillah terkendali," ucapnya.*