Keterbukaan Informasi Publik dan Tata Kelola Pemerintahan, Ini Hubungannya Menurut Wagubri

Keterbukaan Informasi Publik dan Tata Kelola Pemerintahan, Ini Hubungannya Menurut Wagubri

18 Mei 2023
Wagubri Edy Natar terima penghargaan KI Pusat

Wagubri Edy Natar terima penghargaan KI Pusat

RIAU1.COM - Komisi Informasi (KI) Pusat memberikan penghargaan pada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau atas komitmen dalam mendorong keterbukaan informasi publik di wilayah Provinsi Riau. 

Selain Pemprov Riau, pada kesempatan tersebut juga diserahkan penghargaan kepada Pj Bupati Kampar, Kamsol atas dukungan penuh dalam penyelenggaraan peringatan Hari Keterbukaan Informasi Nasional (HAKIN) di Kabupaten Kampar. 

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Ketua Lembaga Negara Komisi Informasi Pusat (KI Pusat) Donny Yoesgiantoro, disaksikan langsung oleh Menkopolhukam Mahfud MD, dalam peringatan HAKIN 2023 di Labersa Hotel Kampar, Rabu (17/5/23). 

Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Edy Natar Nasution menyampaikan, atas nama Pemerintah Provinsi Riau, mengucapkan terima kasih kepada Komisi Informasi Pusat yang telah mempercayai Provinsi Riau sebagai tuan rumah dalam peringatan HAKIN tahun 2023.

Ia mengungkapkan, keterbukaan informasi sejalan dengan pilar reformasi, secara komprehensif undang-undang keterbukaan informasi publik mengatur mengenai kewajiban badan pejabat publik. 

Maka menurutnya, hadirnya Undang-undang nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik di tengah masyarakat telah meningkatkan peran aktif masyarakat dalam setiap pengambilan kebijakan publik dan pengelolaan badan publik yang baik.

"Yaitu dengan mewujudkan penyelenggaraan negara yang transparan efektif dan efisien akuntabel serta dapat dipertanggungjawabkan," ucapnya. 

Wagubri menambahkan, keterbukaan informasi publik menjadi salah satu elemen penting bagi terwujudnya tata kelola pemerintahan yang baik dalam penyelenggaraan pemerintahan. 

Oleh sebab itu, salah satu bentuk komitmen nyata Pemerintah Provinsi Riau dalam mewujudkan keterbukaan informasi publik yaitu berhasilnya meraih penghargaan sebagai badan publik yang informatif dari Komisi Informasi Pusat secara berturut-turut selama 2 tahun terakhir. 

"Kita semua tentu berharap prestasi ini dapat terus untuk dipertahankan," sebut dia.*