Kloter Pertama Jemaah Haji Riau Diberangkatkan

Kloter Pertama Jemaah Haji Riau Diberangkatkan

24 Mei 2023
Jemaah Haji Riau Kloter Pertama

Jemaah Haji Riau Kloter Pertama

RIAU1.COM - Sebanyak 374 Calon Jemaah Haji (CJH) Riau yang tergabung dalam kloter pertama, Rabu (24/5/2023) dilepas Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar di asrama Embarkasi Haji Antara (EHA) Riau.

Pada kesempatan itu, Asisten I Setdaprov Riau, Masrul Kasmy menyampaikan laporan pelaksanaan haji Provinsi Riau 2023. Dikatakan, EHA Riau memberangkatkan 5.047 orang jemaah haji se Riau yang tergabung dalam 14 kloter. 

"Jumlahnya 374 orang, dari pekanbaru 367 orang, petugas kloter 5 orang, petugas haji daerah 2 orang," ucap Masrul.

Para CJH, kata dia, akan segera diberangkatkan ke Batam dengan 2 kali penerbangan. Kemudian, diberangkatkan ke Madinah dengan penerbangan Saudi Arabia Airlines dengan nomor penerbangan SB 5043 pada pukul 17:40 WIB.

"Jamaah kloter pertama EHA Riau direncanakan kembali ketanah air dalam penerbangan lanjutan pada 5 Juli 2023 pada pukul 04:20 WIB tiba di Batam dan akan ditterbangkan kembali ke Pekanbaru dengan dua kali penerbangan," terangnya.

Gubernur Riau, Syamsuar dalam sambutannya mengingatkan para CJH untuk meningkatkan ibadah selama berada di tanah suci Mekkah. Jangan sampai ibadah yang dilakukan sebelumnya sama saja kualitasnya saat berada di tanah suci.

"Ada tim pembimbing ibadah haji, kita minta untuk membimbing umat ini agar dapat memaksimalkan ibadah di tanah suci, dan mengamalkan sunah Rasulullah," jelasnya.

"Karena tidak semua dari jemaah kita ini seluruhnya paham terkait ibadah ibadah yang dilakukan, maka kami mohonkan bimbingan dari tim pembimbing kita," imbuhnya.

Gubri Syamsuar menceritakan pengalamannya selama beribadah di tanah suci. Hal itu ia sampaikan agar dapat dijadikan pelajaran bagi para jemaah yang akan berangkat ke tanah suci.

Lebih lanjut, dia mengharapkan doa dari para CJH agar Riau dijauhkan dalam segala bentuk musibah dan diberikan kedamaian dan keamanan.

"Kami mengharapkan doa dari bapak dan ibu untuk keberkahan negeri kita dan mudah-mudahan Pemilu tahun depan terpilih pemimpin yang taat kepada Allah dan dapat membangun negeri di masa yang akan datang. Sekaligus kami mendoakan bapak dan ibu selamat dalam perjalanan pulang dan pergi, selamat melaksanakan ibadah sebanyak-banyaknya dan mendapatkan haji yang mabrur," demikian Gubri Syamsuar.*