Lagi Ditemukan Titik Panas di Riau

Lagi Ditemukan Titik Panas di Riau

31 Mei 2023
ilustrasi/net

ilustrasi/net

RIAU1.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru menyampaikan rilis prakiraan cuaca dan kondisi hotspot untuk Provinsi Riau, pada hari Rabu, 31 Mei 2023.

Forecaster BMKG Pekanbaru, Ahmad Agus Widodo mengatakan bahwa pada pagi hari, cuaca di Pekanbaru diprediksi cerah berawan.

Lalu, siang hingga sore hari, diperkirakan akan ada perubahan cuaca menjadi cerah berawan hingga berawan.

Pada malam hari, cuaca tetap cerah berawan hingga berawan, namun terdapat potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang di beberapa wilayah di Riau, seperti Indragiri Hilir, Indragiri Hulu, Pelalawan, Kampar, Rokan Hulu, Rokan Hilir, Kuantan Singingi, Bengkalis, Siak, Meranti, dan Kota Pekanbaru.

Pada dini hari, cuaca juga diperkirakan cerah berawan hingga berawan, namun masih terdapat potensi hujan ringan di beberapa wilayah seperti Bengkalis, Siak, Rokan Hulu, Kampar, Kuantan Singingi, Indragiri Hilir, Indragiri Hulu, Pelalawan, Kepulauan Meranti, dan Pekanbaru.

"BMKG mengeluarkan peringatan dini terkait potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di beberapa wilayah seperti Pelalawan, Indragiri Hulu, Indragiri Hilir, Kepulauan Meranti, dan Pekanbaru pada malam hingga dini hari," imbaunya.

Kemudian, untuk suhu udara di Pekanbaru diperkirakan berkisar antara 23.0 hingga 35.0 °C, dengan kelembapan udara sekitar 50 hingga 97 persen. Angin bertiup dari arah Selatan - Barat dengan kecepatan sekitar 10 hingga 40 km/jam.

"Untuk kondisi gelombang laut, BMKG memperkirakan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.50 hingga 1.25 meter (Rendah)," jelasnya.

Sementara itu, data terkini mengenai hotspot atau titik panas di Sumatera menunjukkan jumlah total hotspot sebanyak 31.

Dari jumlah tersebut, Riau mencatatkan 4 hotspot yang terdeteksi, terdiri dari 2 hotspot di Rokan Hilir, 1 hotspot di Rokan Hulu, dan 1 hotspot di Bengkalis. Data ini diperbarui pada pukul 23.00 WIB.*