Lisa Melahirkan, Bertambah Bayi Gajah di TNTN Pelalawan

Lisa Melahirkan, Bertambah Bayi Gajah di TNTN Pelalawan

1 September 2023
Anak Bayi Gajah Lisa di TNTN Pelalawan

Anak Bayi Gajah Lisa di TNTN Pelalawan

RIAU1.COM - Gajah bernama Lisa melahirkan bayi di Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN), Desa Lubuk Kembang Bungo, Kecamatan Ukui, Pelalawan, Kamis (31/8) pagi.

Lisa yang sudah berusia 41 tahun melahirkan bayi berjenis kelamin betina, sekitar pukul 5.00 WIB.

"Anak gajah ini merupakan anak keempat dari gajah "Lisa" yang dilahirkan di camp elephants flying squad TNTN, sebagai hasil dari breeding dengan gajah liar," jelas Heru Sutmantoro, S.Hut, M.M Kepala Balai Taman Nasional Tesso Nilo.

Sebab itu, dengan bertambahnya seekor bayi gajah, kini ada empat bayi gajah di camp elephants flying squad TNTN. Di mana sebelumnya Ria melahirkan tiga ekor bayi gajah diberi nama Imbo, Rimbani, dan Ryu.  

"Proses kelahiran berlangsung secara normal dengan induk dan bayi dalam keadaan sehat. Tim medis kita akan melakukan pemeriksaan kesehatan untuk memastikan kesehatan induk dan bayi gajah," kata Heru.

Heru menghitung, rentang enam tahun terakhir empat kali terjadi kelahiran gajah di  camp elephants flying squad Taman Nasional Tesso Nilo.

"Keempatnya dari dua ekor induk gajah jinak yakni Lisa dan Ria," imbuhnya.  

Dengan bertambahnya bayi gajah tersebut, saat ini jumlah total gajah di camp Camp elephants flying squad TNTN menjadi 10 ekor.

"Semuanya 4 ekor gajah dewasa, 3 ekor gajah remaja, 3 ekor gajah anak," jelas Heru.

Heru menyampaikan kelahiran-kelahiran anak gajah sumatera di elephants flying squad Taman Nasional Tesso Nilo ini merupakan penguatan fakta bahwa kawasan hutan Taman Nasional Tesso Nilo merupakan habitat penting yang berkontribusi dalam peningkatan populasi Gajah Sumatera. 

"Pada Tahun 2011 IUCN telah menetapkan tentang status konservasi Gajah Sumatera ke dalam kategori Critically Endangered (CR) yang artinya satwa ini berada diambang kepunahan," ujarnya.*