Lokasi TPS di Riau Disebut KPU Tidak Ada Lagi Terendam Banjir

Lokasi TPS di Riau Disebut KPU Tidak Ada Lagi Terendam Banjir

11 Februari 2024
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau, Ilham Muhammad Yasir

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau, Ilham Muhammad Yasir

RIAU1.COM - Hingga akhir pekan ini, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau Ilham Muhammad Yasir mengatakan bahwa sudah tidak ada lokasi calon tempat pemungutan suara (TPS) yang terendam banjir di Riau.

"Hasil laporan yang saya terima pada hari ini Sabtu, alhamdulillah TPS untuk Pemilu 2024 yang terendam banjir sudah nol," jelas Ilham di  Kota Pekanbaru, Sabtu (10/2/2024).

Sambung dia, berdasarkan data dari pihaknya, di Provinsi Riau terdapat 840 TPS yang rawan banjir, namun saat ini 570 TPS  sudah surut,  217 TPS bisa digeser bila terjadi banjir dan ada 53 TPS yang tidak bisa digeser saat banjir.

"Untuk TPS yang tidak bisa digeser kita akan usulkan Pemungutan Suara Susulan," kata Ilham.

Namun sebelum keputusan itu diambil tambah Ilham  KPU akan berkoordinasi dengan Pemda setempat," Termasuk dengan Bawaslu, Kepolisian dan TNI," tutupnya. 

Diberitakan sebelumnya, 9 hari jelang Pemilu, 53 TPS di Riau terendam banjir kondisi ini juga bakal berdampak terhadap kelancaran pelaksanaan Pemilu pada 14 Februari 2024 mendatang. 

Ketua KPU Riau, Ilham Muhammad Yasir, mengatakan, dari laporan yang diterima pihaknya, ada sekitar 53 lokasi yang akan dijadikan Tempat Pemungutan Suara (TPS), saat ini masih terendam banjir. 

"Ketinggian air di sejumlah lokasi untuk TPS itu khususnya Kampar, Rokan Huku, Rokan Hilir dan Indragiri Hulu yang tidak jauh dari aliran sungai, cukup tinggi," terangnya sembari mengibaratkan air setinggi pinggang orang dewasa. 

Untuk diketahui, pada Pemilu 2024 kali ini, total ada sebanyak 19.366 TPS yang tersebar di seluruh kabupaten dan kota di Riau. Sedangkan total pemilih tercatat sebanyak 4.732.174  orang.*