Masrul Kasmy Dipercaya Pimpin DMDI Riau

Masrul Kasmy Dipercaya Pimpin DMDI Riau

4 September 2023
Pelantikan Pengurus DMDI Riau

Pelantikan Pengurus DMDI Riau

RIAU1.COM - Pelantikan pengurus Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) Provinsi Riau masa khidmat 2023-2026 Senin (4/9/2023) dihadiri Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar.

Pelantikan tersebut disaksikan langsung oleh Presiden DMDI Dunia, Tun Seri Setia Mohammad Ali Bin Mohammad Rustam Yang Dipertuan Negeri Melaka, sedangkan yang melantik yakni Ketua Umum DMDI Indonesia Datuk Said Aldi Al Idrus.

Adapun ketua pengurus yang dilantik sebagai Ketua DMDI Provinsi Riau yakni Masrul Kasmy yang kini menjabat sebagai Asisten I Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) Riau.

Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) adalah sebuah organisasi yang bergerak di bidang sosial budaya dan dakwah. Berdiri pada tahun 2000 di Malaka, Malaysia. Organisasi ini berkembang pesat hingga tersebar di 29 negara. Tujuan organisasi ini dibangun yakni untuk menjalin silaturrahim sesama bangsa Melayu di seluruh dunia, memajukan perekonomian, pendidikan dan kebudayaan, melestarikan nilai-nilai sejarah dan perjuangan, mewujudkan perdamaian, dan melaksanakan dakwah Islamiah.

Saat memberikan sambutan, Syamsuar menyampaikan ucapan selamat dan tahniah atas pelantikan kepengurusan DMDI Provinsi Riau masa khidmat 2023-2026.

"Kami menyambut gembira dan mengapresiasi yang luar biasa kepada DMDI, sebuah organisasi yang fokus terhadap urusan-urusan sosial, budaya melayu dan agama islam yang terus mengalami kemajuan di berbagai negara," kata Syamsuar.

"Tahniah kepada kepengurusan yang baru dilantik," tambahnya.

Sesuai dengan undang-undang nomor 5 tahun 2017 tentang kemajuan kebudayaan adalah upaya meningkatakan ketahanan budaya dan kontribusi budaya Indonesia di tengah-tengah peradaban dunia. Melalui perlindungan, pengembangan, pemanfaat dan pembinaan kebudayaan.

Budaya melayu adalah budaya bangsa Indonesia yang patut dikembangkan dan dilestarikan, oleh karenanya jika seseorang berkarya maka akan terhubung dengan keadaan dan hal-hal yang mempengaruhinya.

Maka DMDI ini akan sangat bernilai sebagai percakapan konsep melayu dan kreativitasnya untuk pengembangan diri dalam melestarikan dan mempertahankan budaya bangsa sekaligus bergerak di berbagai bidang, baik pendidikan, sosial, ekonomi dan sekaligus mempersiapkan peningkatan SDM di masa yang akan datang.

"Karena kita yang berkualitas inilah yang mampu bersaing dengan yang ada di tanah air Indonesia ini," pungkasnya.*