Menteri Sandiaga Uno Optimis Pacu Jalur Kuansing Mendunia

Menteri Sandiaga Uno Optimis Pacu Jalur Kuansing Mendunia

29 Januari 2024
Pengumuman Kharisma Event Nasional (KEN) tahun 2024

Pengumuman Kharisma Event Nasional (KEN) tahun 2024

RIAU1.COM - Dari 10 TOP Festival se Indonesia yang lolos Kharisma Event Nasional (KEN) tahun 2024, satu diantaranya yakni Festival Pacu Jalur Kuantan Singingi.

Sebab itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno optimistis Festival Pacu Jalur makin mendunia, dan mampu mengangkat perekonomian masyarakat.

Menteri Sandiaga Uno juga memuji komitmen Pemerintah Daerah Kuansing yang komit membesarkan event budaya Pacu Jalur hingga eksis sampai saat ini.

"Festival Pacu Jalur berhasil masuk dalam kalender Karisma Event Nusantara 2024 yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia. Bahkan Pacu Jaiur masuk dalam daftar 10 Top KEN 2024," kata Menteri Sandiaga.

Lebih jauh Menteri Sandiaga Uno menjelaskan, KEN merupakan program Kemenparekraf RI guna menghidupkan ekonomi dari sektor budaya dan pariwisata dengan menghadirkan kegiatan-kegiatan daerah yang berkualitas.

Sementara itu, Sekdakab Kuansing, H. Dedy Sambudi menilai masuknya Festival Pacu Jalur dalam KEN 2024 akan berdampak positif dalam menggeliatkan ekonomi di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif di Kabupaten Kuansing.

“Kami berharap Kemenparekraf RI terus konsisten ikut mempromosikan event budaya Pacu Jaur, semoga tahun depan event pariwisata yang masuk KEN semakin bertambah," ujar Sekda H. Dedy Sambudi.

Dia menambahkan, event pariwisata yang masuk dalam kalender KEN, dalam pelaksanaannya diharapkan akan didukung penuh oleh Kemenparekraf RI.

“Hal itu akan menarik kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara ke Kuansing,” pungkasnya.*