Metode Pengerjaan IPAL dan SPAM di Pekanbaru, Berikut Pandangan Gubri

Metode Pengerjaan IPAL dan SPAM di Pekanbaru, Berikut Pandangan Gubri

16 Desember 2022
Gubri tinjau jalan rusak akibat pembangunan IPAL

Gubri tinjau jalan rusak akibat pembangunan IPAL

RIAU1.COM - Pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) di Pekanbaru ditargetkan selesai pada Juni 2023 mendatang. 

Hal tersebut disampaikan Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR, Diana Kusumastuti saat menggelar rapat koordinasi bersama Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar, terkait kegiatan MSMIP dan SPAM Durolis, di Gedung Daerah Balai Serindit, Jumat (16/12). 

Diana menyebutkan, dalam pengerjaan MSMIP terdapat empat paket, yakni pertama, paket SC1, pekerjaan pembangunan jaringan perpipaan air limbah Kota Pekanbaru area selatan. Kedua paket SC2, pekerjaan pembangunan jaringan perpipaan air limbah Kota Pekanbaru area selatan. 

Lalu, ketiga, paket NC, yakni pekerjaan pembangunan jaringan perpipaan air limbah Kota Pekanbaru area utara. Terakhir, paket B1, pembangunan IPAL Kota Pekanbaru (B1). 

Di Pekanbaru, pemasangan IPAL ini berada dibeberapa titik, yakni Jalan Sudirman, Jalan Ahmad Dahlan, Jalan Durian, Jalan Teratai, dan Jalan Pepaya. 

"Target MSMIP sebenarnya Juni 2023, tapi mudah-mudahan bisa dilakukan percepatan-percepatan khusunya untuk sambungan ke rumah-rumah," jelas Diana. 

Loading...

Selain proyek IPAL, di Kota Madani rencana juga dilakukan pengerjaan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM). Yang mana, kedua proyek tersebut sama-sama menggunakan metode penggalian untuk memasukkan pipa kedalam tanah. 

Gubernur Syamsuar menginginkan kedua proyet tersebut dikerjakan secara bersamaan, sehingga tidak terjadi bongkar pasang dalam pengerjaannya. 

"Seperti yang lagi dikerjakan pada Jalan Sudirman, juga nanti ada kerjaan SPAM Kota Pekanbaru, terhadap ini agar dikerjakan bersama-sama. Jadi tidak ada lagi kerja sendiri, jadinya terkoordinir," imbuh Gubri.