Pemprov Riau akan Bangun SMA, Pemko Pekanbaru Diminta Cari Lahan

Pemprov Riau akan Bangun SMA, Pemko Pekanbaru Diminta Cari Lahan

30 Mei 2023
Gubri Syamsuar saat tinjau sekolah

Gubri Syamsuar saat tinjau sekolah

RIAU1.COM - Pemerintah provinsi (Pemprov) Riau mengaku akan kembali membangun SMA pada tahun 2024 mendatang.

Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar mengatakan, pembangunan SMA baru pada tahun depan tersebut terutama akan difokuskan di Kota Pekanbaru. 

Pasalnya, kota ini setiap PPDB banyak menimbulkan keluhan terkait terbatasnya jumlah daya tampung SMA yang tidak sebanding dengan jumlah lulusan SMP.

"Kalau PPDB di Pekanbaru pasti ramai, semua mau masuk SMA negeri, tapikan daya tampungnya terbatas," kata Gubri,  Selasa (30/5). 

Karena itu, pihaknya mengimbau kepada pemerintah kota Pekanbaru, jika memiliki lahan yang bisa dibangun SMA, hendaknya dilaporkan kepadanya. Nantinya pihaknya yang akan membangun SMA tersebut.

"Kalau ada lahan yang bisa dibangun SMA, laporkan kepada saya. Tahun depan akan langsung dibangun," ujarnya.

Untuk diketahui, tahun ini Pemprov Riau membangun 18 sekolah baru tingkat SMA/SMK negeri yang akan dibangun pada tahun 2023, diantaranya SMAN 17 Jalan Parit Indah Pekanbaru, SMAN 18 Jalan Delima Pekanbaru, dan SMAN 19 Jalan Fajar Pekanbaru. Selanjutnya, SMAN 1 Batang Peranap Indragiri Hulu (Inhu), SMAN 2 Batang Cenaku Inhu, SMAN 2 Batang Gansal Inhu, SMAN Kemuning Indragiri Hilir.

Kemudian, SMAN 2 Mandau Bengkalis, SMAN 3 Kubu Rokan Hilir, SMAN 3 Minas Siak, SMAN 3 Rimba Melintang Rokan Hilir, SMAN IV Koto Rokan Hulu, SMAN 4 Bangko Rokan Hilir, dan SMAN 8 Dumai. 

Untuk sekolah baru SMK ada empat unit, diantaranya SMKN 4 Rambah Rokan Hulu, SMKN 2 Kandis Siak, SMKN 4 Mandau Bengkalis, dan SMKN 2 Rupat Bengkalis.*