Perbaikan Jalan Lintas Bono, Pemprov Riau Mengaku Siapkan Anggaran Rp99 Miliar

Perbaikan Jalan Lintas Bono, Pemprov Riau Mengaku Siapkan Anggaran Rp99 Miliar

21 Mei 2023
Jalan Lintas Bono

Jalan Lintas Bono

RIAU1.COM - Penyelesaian pembangunan jalan lintas Bono yang berada di Kabupaten Pelalawan diakui Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau sebagai sebuah komitmen. 

Dari tahun 2019-2023, sedikitnya Pemprov Riau telah mengucurkan anggaran sebesar Rp243,2 miliar lebih untuk pembangunan tiga ruas jalan di jalan lintas Bono itu. Sedangkan tahun ini, Pemprov Riau alokasikan anggaran sebesar Rp53,86 miliar dan dari Inpres Jalan Daerah sebesar Rp40 miliar. 

Tiga ruas jalan tersebut di antaranya, Jalan Simpang Bunut-Teluk Meranti sepanjang 84,59 Km, Jalan Teluk Meranti-Sebekek sepanjang 50,88 Km, dan Jalan Sebekek-Guntung sepanjang 98,12 Km. 

"Kita Pemprov Riau komitmen terdapat jalan lintas Bono di tiga ruas jalan tersebut," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perumahan Kawasan Pemukiman Pertanahan (PUPR-PKPP) Riau, M Arief Setiawan, Jumat (19/5/2023).

Lalu Arief Setiawan mengatakan, untuk penanganan tiga ruas jalan tersebut, tahun ini pihaknya telah menyiapkan anggaran sebesar Rp53,86 miliar lebih. 

"Tahun ini Jalan Simpang Bunut-Teluk Meranti sepanjang 84 Km, tahun ini hanya sisa 6,2 Km yang belum yang diaspal. Dari panjang 6,2 itu, 3,5 Km masuk kawasan hutan sedang proses pelepasan kawasan. Artinya tinggal 2,7 Km yang kita targetkan tuntas diaspal tahun 2024. Sedangkan tahun ini sudah kita siapkan anggaran Rp28,3 miliar lebih untuk pembangunan jalan sepanjang 3,83 Km di Jalan Simpang Bunut-Teluk Meranti," terangnya. 

Disamping itu, jalan Simpang Bunut-Teluk Meranti tahun 2023 ini juga akan dibangun melalui rencana Inpres Jalan Daerah Nomor 3 Tahun 2023 tentang Percepatan Peningkatan Konektivitas Jalan Daerah. 

"Dan itu sudah disetujui dan tinggal menunggu proses lelang. Di mana anggaran yang disiapkan sebesar Rp40 miliar untuk pembangunan jalan 5,50 Km. Pembangunan jalan melalui Inpres Jalan Daerah ini berdasarkan surat usulan Pak Gubernur ke Kementerian PUPR," sebutnya. 

Kemudian Jalan Teluk Meranti-Sebekek sepanjang 50,8 Km, lanjut Arief Setiawan, tahun ini sudah tembus dan sudah diaspal 1 Km dan 3,89 Km timbunan. 

Loading...

"Dengan begitu, maka proses penimbunan jalan Teluk Meranti - Sebekek tuntas. Untuk jalan ini, tahun 2023 juga kita siapkan anggaran sebesar Rp19,8 miliar lebih untuk pembangunan jalan sepanjang 4,89 Km," jelasnya. 

Ruas ketiga yakni Jalan Sebekek-Guntung sepanjang 98,12 Km. Untuk ruas tersebut tahun 2023, PUPR Riau alokasikan anggaran sebesar Rp5,6 miliar lebih untuk pembangunan jalan sepanjang 1,40 Km. 

"Sebelumnya tahun 2022 juga sudah kita bangun 2 Km dengan alokasi anggaran sebesar Rp10,5 miliar. Karena untuk menimbun jalan ini dilakukan dua arah, pertama dari arah Ruas Teluk Meranti-Sebekek. Hanya saja kita harus menyelesaikan terlebih jalan Teluk Meranti mengangkut material," paparnya. 

"Kedua penimbunan Ruas Teluk Meranti-Sebekek, kita PUPR juga mulai melakukan penimbunan dari arah Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), dan tahun ini sudah kita mulai pekerjaan penimbunannya," sambungnya. 

Selain itu, tambah Arief, Dinas PUPR-PKPP Riau melalui UPT Jembatan dan Jalan Wilayah I menyiapkan anggaran sebesar Rp5,2 miliar untuk pemeliharaan jalan lintas Bono, Pelalawan. 

"Artinya total anggaran yang disiapkan untuk pembenahan jalan lintas Bono tahun 2023 ini sebesar Rp99 miliar," tukasnya.*