Proses Pembentukan Kabupaten Rokan Darussalam Sudah pada Tahap RUU

Proses Pembentukan Kabupaten Rokan Darussalam Sudah pada Tahap RUU

18 Maret 2023
Pertemuan Gubri Syamsuar dengan BP Pembentukan Kabupaten Rokan Darussalam

Pertemuan Gubri Syamsuar dengan BP Pembentukan Kabupaten Rokan Darussalam

RIAU1.COM - Gagasan pemekaran daerah yang sedang diperjuangkan Badan Pekerja (BP) Pembentukan Kabupaten Rokan Darussalam (Rodas) disambut baik  Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar.

Disampaikan Gubri Syamsuar, bahwa progres pembentukan Kabupaten Rodas masih tetap berjalan. Namun, tetap harus segera ditindaklanjuti dan diperjuangkan. 

"Progres terkait pemekaran Kabupaten Rokan Darussalam telah berjalan sebelumnya, hanya bagaimana menindaklanjuti perjalanan yang sudah dilakukan badan pekerja," kata Gubri Syamsuar saat menerima audiensi BP Pembentukan Kabupaten Rokan Darussalam akhir pekan ini.

Dalam pemaparannya, Gubernur Syamsuar turut didampingi Asisten I Setdaprov Riau, Masrul Kasmy dan Kepala Biro Tapem Setdaprov Riau Firdaus. Sementara, hadir dari BP Pembentukan Kabupaten Rodas yakni, drg Chaidir selaku Ketua Dewan Pakar, Muzawir selaku Ketua Umum, dan perwakilan tokoh masyarakat Masperi. 

Proses pemekaran Rodas ini telah sampai ditahap Rancangan Undang-Undang (RUU). Hingga kini BP Pembentukan Kabupaten Rodas terus bejuang untuk melengkapi persyaratan demi terwujudnya Kabupaten Rokan Darussalam.

Maka dari itu, Gubri Syamsuar menyampaikan, bahwa pihaknya akan menelusuri sampai sejauh mana RUU tersebut.

Loading...

"Dan saya juga mengarahkan Asisten 1 melalui Karo Tapem, untuk melakukan konsultasi ke Dirjen Otda [Otonomi Daerah] terkait persyaratan yang menyangkut pemekaran daerah," terangnya.

Syamsuar menyambut baik gagasan tentang pemekaran daerah. Karena menurutnya pemekaran tersebut berpotensi untuk mendapatkan APBN yang lebih besar ke Riau, guna menciptakan pemerataan pembangunan.

"Tidak ada ruginya sebuah rencana pemekaran wilayah dikumandangkan asalkan tujuan pemekaran tersebut memang didasarkan terhadap kemajuan daerah dan kesejahteraan rakyat," tutur dia*