Sebagian Wilayah Kampar hingga Kuansing Siang Ini Berpotensi Hujan

Sebagian Wilayah Kampar hingga Kuansing Siang Ini Berpotensi Hujan

25 Mei 2023
ilustrasi/net

ilustrasi/net

RIAU1.COM - Rilis prakiraan cuaca untuk Provinsi Riau, Kamis (25/5/2023) dikeluarkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru.

Riau diperkirakan akan mengalami cuaca cerah berawan hingga berawan.

Namun, terdapat potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang di beberapa wilayah seperti Bengkalis, Siak, Pelalawan, dan Indragiri Hilir.

Berdasarkan keterangan Forecaster BMKG Pekanbaru, Yasir Prayuna mengatakan bahwa pagi hari ini cerah-cerah berawan dan berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi disebagian wilayah Bengkalis, Siak, Pelalawan dan Indragiri Hilir.

Lalu, siang hingga sore hari diprakirakan cerah berawan-berawan, dengan potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi disebagian wilayah Kampar, Indragiri Hilir, Siak, Bengkalis, Pelalawan, dan Kuantan Singingi.

"Malam harinya berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian besar wilayah Riau," kata Yasir.

Sedangkan, dini harinya berpotensi hujan dengan intensitas ringan terjadi disebagian wilayah Rokan Hilir, Pelalawan,  Siak, Bengkalis, Kepulauan Meranti, Dumai dan Pekanbaru.

"Potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang terjadi di sebagian wilayah Pelalawan, Kampar, Siak, Bengkalis, Indragiri Hilir dan Kuantan Singingi pada sore atau malam dan dini hari," imbaunya.

Kemudian, untuk suhu udara berada diantara 22.0 – 34.0 °C, dengan kelembapan udara antara 50 – 98 %. Angin bertiup dari Selatan menuju Barat dengan kecepatan 10 – 30 km per jam.

"Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.50 – 1.25 m atau Rendah," jelasnya.

Selain itu, BMKG juga mencatat adanya hotspot (titik panas) di beberapa wilayah Sumatera. Total hotspot Sumatera pada pukul 23.00 WIB tercatat sebanyak 94 titik.

Dari jumlah tersebut, terdapat 5 hotspot di Provinsi Riau yang terdiri dari 1 hotspot di Kabupaten Bengkalis, 2 hotspot di Kabupaten Siak, 1 hotspot di Kabupaten Indragiri Hilir, dan 1 hotspot di Kota Dumai.*