Sejak Awal Tahun, Sudah 406,38 Hektar Lahan di Riau Terbakar

Sejak Awal Tahun, Sudah 406,38 Hektar Lahan di Riau Terbakar

15 Mei 2023
Pemadaman karhutla di Dumai belum lama ini

Pemadaman karhutla di Dumai belum lama ini

RIAU1.COM - Sebanyak 3 unit helikopter dikerahkan untuk membantu penanganan Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilyah Riau.

Berdasarkan keterangan Kepala BPBD Riau, M Edy Afrizal, bantuan helikopter yang sudah tiba di Riau adalah helikopter camov, helikopter Sikorsky untuk water bombing, dan 1 helikopter patroli.

“Bantuan helikopter untuk water bombing sudah kita terima dari BNPB, sekarang sudah beroperasi. Helikopter camov dan sikorsky untuk water bombing, dan satu helikopter untuk patroli. Dari KLHK juga akan kita terima satu helikopter lagi untuk patroli,” ujar Edy, Senin (15/5/2023).

Dijelaskan Edy, saat ini Provinsi Riau sudah masuk musim panas, sehingga rawan terjadi Karhutla di sejumlah wilayah Kabupaten Kota. Untuk itu, perlu dilakukan pencegahan lebih dini agar Karhutla tidak meluas.

“Perlu pencegahan dari saat ini sebelum meluas Karhutla. Kita juga bekerja sama dengan BPBD Kabupaten Kota, TNI Polri, dan masyarakat. Jika ada terdeteksi titik api langsung turun ke lapangan," ucapnya.

"Jika tidak terjangkau dari darat kita gunakan helikopter. Kami menghimbau kepada masyarakat untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar,” imbuhnya.

Sementra itu, dari data yang diterima BPBD, jumlah luas kebakaran lahan di Riau sejak Januari hingga bulan Mei 2023 tercatat 406,38 Haktar.

Kebakaran lahan terluas berada di Kabupaten Bengkalis yakni 173,34 Hektare, disusul Kota Dumia 97,97 Hektare, dan dan Inhil 42,50 Hektare.*