Seratus Hektare Lebih Lahan di Riau Terbakar Sejak Awal Tahun

Seratus Hektare Lebih Lahan di Riau Terbakar Sejak Awal Tahun

1 April 2023
Ilustrasi/net

Ilustrasi/net

RIAU1.COM - Beberapa wilayah di Riau yang sempat mengalami Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) berhasil dipadamkan oleh petugas. 

Terakhir, Karhutla ditemukan di Desa Kembung Luar dan Desa Teluk Pambang. Kedua desa ini berada Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis. Namun saat ini sudah padam. 

Berdasarkan keterangan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, M Edy Afrizal, Jumat (31/3/2023) dengan sudah padamnya Karhutla di Bengkalis, maka saat ini Riau nihil karhutla. 

"Riau kondusif, sudah nihil Karhutla. Mudah-mudahan ini bisa kita pertahankan," ujarnya. 

Dari yang dirangkum di BPBD Riau, luas lahan terbakar di Riau dari 1 Januari sampai 28 Maret 2023 lebih kurang 131,44 Hektar. 

Daerah yang paling banyak luasan lahar terbakarnya saat ini adalah Bengkalis dengan 79,87 Hektar. Kemuduan di Rohil 5,5 Hektar, Dumai 19.27 Hektar, Meranti  2,5 Hektar, dan Siak 9.95 Hektar," katanya. 

Sementara di Pekanbaru sudah terjadi 7,2 Hektar lahan terbakar, Kampar 1 Hektar, Indragiri Hulu 0,65 Hektar, Inhil  5,5 Hektar.

"Kemudian ada tiga daerah yang masih nihil, yakni Kuansing, Rohul dan Pelalawan," katanya. 

Pihaknya mengimbau masyarakat supaya tidak membuka lahan dengan cara membakar. Langkah ini menjadi poin paling utama dalam rangka menekan angka kasus Karhutla di Riau dengan melibatkan banyak sektor.

“Bukan cuma dari BPBD, TNI-Polri juga ikut serta. Di daerah itu kan sudah ada Bhabinkamtibmas dan Babinsa, mereka juga dilibatkan dalam sosialisasi,” tuturnya lagi.*