Siang Ini Tidak Ada Potensi Hujan di Wilayah Riau

Siang Ini Tidak Ada Potensi Hujan di Wilayah Riau

11 Agustus 2023
Ilustrasi cuaca di Kabupaten Bengkalis/net

Ilustrasi cuaca di Kabupaten Bengkalis/net

RIAU1.COM - Rilis cuaca dan hotspot wilayah Riau, Jum'at 11 Agustus disampaikan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru.

Berdasarkan keterangan Forecaster BMKG Pekanbaru, Anggun R menjelaskan bahwa pagi hari ini, cuaca di Riau terpantau cerah berawan - berawan.

"Pagi ini ada potensi hujan dengan intensitas ringan terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Bengkalis dan Kepulauan Meranti," kata Anggun.

Siang harinya, Riau tidak berpotensi hujan. Namun, pada sore hingga malam nanti kembali berpotensi hujan.

"Hingga malam nanti berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hulu, Rokan Hilir, Kampar, Bengkalis, Siak, Pelalawan, Kepulauan Meranti, Pekanbaru, dan Dumai," jelasnya.

Lalu, dini hari berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Rokan Hilir, Kampar, Bengkalis, Siak, Pelalawan dan Kuantan Singingi.

"Waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang berpotensi terjadi di wilayah Dumai, Rokan Hilir, Rokan Hulu dan Bengkalis pada sore, malam dan dini hari," jelasnya.

Kemudian, untuk suhu udara 24.0 – 34.0 °C, dengan kelembapan udara 55 – 96 %. Arah angin bertiup dari Tenggara menuju Barat Daya dengan kecepatan 10 – 25 km/jam.

"Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.01 – 0.75 m (Rendah)," jelasnya.

Selanjutnya, hotspot wilayah Sumatera tercatat ada sebanyak 220 titik. Yaitu, Bengkulu 9, Sumatera Barat 1, Jambi 29, Kepulauan Riau 1, Sumatera Selatan 62, Bangka Belitung 83, Lampung 26 dan Riau 9 titik.

"Adapun 9 hotspot di Riau tersebar di Kuantan Singingi 1, Bengkalis 1, Indragiri Hulu 7 titik," tutur dia.*