Ternyata Riau Belum Bebas Karhutla, Sudah 16 Hektar Lahan Terbakar

Ternyata Riau Belum Bebas Karhutla, Sudah 16 Hektar Lahan Terbakar

15 Maret 2023
ilustrasi/net

ilustrasi/net

RIAU1.COM - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau mencatat luas lahan yang terbakar di Riau sudah mencapai 16 Hektare (Ha) sejak awal tahun 2023. Sementara itu, untuk titik hotspot tercatat sebanyak 52 titik.

Berdasarkan keterangan Kepala pelaksana BPBD Riau, M Edy Afrizal, sesuai prediksi, musim panas yang lebih kering akan terjadi pada Juni sampai September 2023. Karena itu, kewaspadaan harus tetap ditingkatkan.

"Hingga saat ini dilporkan sudah 16 ha lahan terbakar di Riau. Mudah-mudahan bertahan di angka 16 Ha," kata dia.

Setelah provinsi Riau menetapkan status siaga darurat Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Riau, sebut dia lagi, hingga saat ini, sudah lima kabupaten/kota di Riau yang menetapkan status siaga darurat Karhutla di Riau.

Kelima kabupaten/kota tersebut adalah Kota Pekanbaru, Kabupaten Bengkalis, Kepulauan Meranti, Siak dan Rokan Hulu.

Loading...

"Sudah lima daerah di Riau menetapkan status siaga darurat Karhutla di Riau. Sementara masih ada tujuh daerah lagi yang belum, yakni Kabupaten Pelalawan, Kuansing, Rokan Hilir, Kampar, Indragiri Hilir, Indragiri Hulu dan Kota Dumai," katanya.

Lebih lanjut dikatakannya, dengan masih adanya daerah yang belum menetapkan status siaga darurat Karhutla di Riau. Pihaknya mengimbau agar dapat segera menetapkan status untuk lebih memudahkan koordinasi dan pengerahan personel.

"Kami mendorong agar kabupaten/ kota yang belum menetapkan status, untuk dapat menetapkan status siaga darurat karhutla," tutur Edy.*