TNI AU Maksimalkan Kondisi Pesawat untuk TMC di Riau

TNI AU Maksimalkan Kondisi Pesawat untuk TMC di Riau

16 Agustus 2023
Pesawat yang digunakan untuk TMC di udara Riau

Pesawat yang digunakan untuk TMC di udara Riau

RIAU1.COM - Pangkalan TNI AU Roesmin Nurjadin terus mendukung pelaksanaan operasi teknologi modifikasi cuaca (TMC) untuk mengurangi titik panas (hotspot) dan pendingin di lokasi terjadi kebakaran hutan dan lahan.

Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Mohammad Nurdin mengatakan, untuk mendukung TMC dan pendinginan, kesiapan pesawat bukan hal yang bisa ditawar.

"Hal ini menyangkut keselamatan terbang dan kerja yang selama ini terus menjadi concern TNI AU dalam menciptakan zero accident," kata Danlanud, Selasa (15/8).

Untuk mendukung kesiapan pesawat setiap harinya, para crew dari Skadron Udara 4 harus bekerja ekstra keras. Karena harus melaksanakan dua sortie penerbangan.

"Agar operasi ini berjalan baik diperlukan kesiapan pesawat yang tinggi," terang Mohammad Nurdin. 

Dengan kerja keras yang dilakukan selama lima hari ini, Danlanud berpesan agar awak pesawat tidak memaksakan saat bertugas dan selalu menjalankan segala sesuatunya sesuai SOP. Ia menjelaskan, bahwa misi TMC yang dilakukan punya treatment tersendiri dalam perawatan pesawat, agar crew dan pilot saling alert.

"Jalankan semua sesuai prosedur yang benar, dengan harapan selama pelaksanaan misi di Lanud ini semua berjalan dengan baik sampai misi selesai," pesan Mohammad Nurdin.*